Groundbreaking Bandara IKN, Jokowi Target Beroperasi Penuh Desember 2024

Rabu, 01 November 2023 - 11:21 WIB
loading...
Groundbreaking Bandara IKN, Jokowi Target Beroperasi Penuh Desember 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada hari ini Rabu 1 November 2023. Foto/Dok
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada hari ini Rabu 1 November 2023. Adapun bandara IKN tersebut ditargetkan bakal beroperasi penuh pada akhir 2024.

"Hari ini kita segera akan melakukan ground breaking pembangunan bandar udara Ibu Kota Nusantara yang ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024. Tetapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.



Jokowi mengatakan, bahwa kehadiran bandara tersebut sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan, serta semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN.



Presiden mengatakan bahwa bandara IKN tersebut merupakan bandara khusus yang digunakan untuk pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota Nusantara.

"Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektar dengan runway 3.000 kali 45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar ini penting. Dan juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik," ungkapnya.

Jokowi berharap dengan dibangunnya bandara tersebut dapat membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan juga semakin mudah dijangkau dari manapun.

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN competitiveness mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong perkembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses," kata Jokowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5316 seconds (0.1#10.140)