Ada Online Shop, Konsumsi Listrik di Mal-mal Jakarta Turun

Selasa, 19 September 2017 - 15:28 WIB
Ada Online Shop, Konsumsi Listrik di Mal-mal Jakarta Turun
Ada Online Shop, Konsumsi Listrik di Mal-mal Jakarta Turun
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa terjadi penurunan konsumsi listrik di beberapa pusat perbelanjaan (mal) di Jakarta. Hal ini lantaran konsumen kini mulai beralih ke e-commerce alias belanja online.

Direktur Bisnis Maluku dan Papua Ahmad Rofiq mengungkapkan, perilaku konsumen yang mulai bergeser ke online shop membuat beberapa pusat perbelanjaan sepi. Akibatnya, konsumsi listrik untuk pelanggan bisnis pun menurun.

"Kemudian juga ada perilaku konsumen yang mulai bergeser ke e-commerce. Jadi ada beberapa shopping center yang mulai sepi, dan menyebabkan terjadinya penurunan pemakaian listrik," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Selain itu, lanjut dia, penurunan suhu rata-rata di beberapa kota besar juga mengakibatkan konsumsi listrik turun. Sebab, pemakaian AC mengalami penurunan.

"Ternyata memang ada dampaknya juga penurunan suhu rata-rata di kota besar, yang mengakibatkan pemakaian pendingin udara itu menurun. Sehingga mengakibatkan penurunan terhadap pemakaian AC," imbuh dia.

Adapun beberapa mal yang mengalami penurunan penggunaan listrik antara lain Gandaria City, Grand Indonesia dan Senayan City. "Berdasarkan survei, Grand Indonesia mengalami penurunan listrik sebesar 1,59%. Begitu juga Gandaria City dan Senayan City yang mengalami penurunan pemakaian konsumsi listriknya," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)