Apresiasi terhadap Perusahaan dan Brand lewat Metode Crawling Data

Kamis, 02 November 2023 - 15:56 WIB
loading...
Apresiasi terhadap Perusahaan dan Brand lewat Metode Crawling Data
Charles Wonosono dari Siloam Hospital salah satu penerima penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services Award. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Disrupsi digital selalu menunjukkan impact-nya terutama dalam persaingan penjualan brand yang ada di berbagai industri. Tak hanya itu, e-commerce juga mengatur keberadaan brand, baik secara trafik maupun volume penjualan.



Fenomena ini juga melanda industri kesehatan , karena tingkat kepuasan pelanggan saat ini dapat diketahui secara langsung dan transparan. Kini, telah banyak pemain di industri kesehatan yang mengadopsi teknologi digital sebagai garda terdepan dalam membangun kepuasan pelanggan.

Melihat fenomena tersebut SWA dan Business Digest menyelenggarakan awarding Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services Award dan Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award pada Selasa, 31 Oktober 2023. Penghargaan Best Selling Brand in e-commerce Market 2023 hasil kerja sama SWA dan Compas.co.id yang didapat dengan melakukan crawling data penjualan dari dua platform e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee dan Tokopedia.

Kemal E. Gani, Chief SWA, mengatakan bahwa kedua program ini adalah komitmen pihaknya untuk terus mendorong perkembangan bisnis di Indonesia. Pada program Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services, para pemenang ditentukan melalui proses penjurian yang ketat.

"Para peserta adalah pelaku industri kesehatan yang mempresentasikan best practice-nya dalam membangun kepuasan pelanggan di hadapan juri," kata Kemas, dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Lebih lanjut, Kemal juga mengungkapkan latar belakang inisiatif SWA dan Compas.co.id untuk menggelar penghargaan ini. Menurutnya, saat ini e-commerce menjadi bagian yang semakin penting dalam rantai distribusi produk dan proses konsumsi pelanggan.

”Sejak 2021 program ini sebagai upaya mendukung pertumbuhan e-commerce. Program ini juga dapat menjadi salah satu bentuk pengukuran performa sebuah merek dan toko online di ranah e-commerce,” tuturnya.

Hanindia Narendrata Rahiesa, CEO & Co-Founder Compas.co.id, juga menjelaskan, dalam ajang ini pihaknya melakukan crawling data pada 4 kategori utama, yaitu beauty & care, food & beverage, mom & baby serta health. Dari empat kategori tersebut terdapat 37 sub kategori produk yang dinilai dan dibuatkan peringkat berdasarkan metodelogi crawling data di dua platform e-commerce terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee.

Crawling dilakukan terhadap merek atau produk dengan rating Bintang 4 keatas. Data yang diriset merupakan data periode 1 Januari 2022 – 25 Desember 2022. Dari 37 sub kategori tersebut kemudian diambil top 10 merek/produk di setiap kategorinya.



Penerima Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award antara lain Evolene, mGanik Nutritions, Azarine, Yummy Bites, MS Glow, Newlab+, Enfagrow A+, Enfamil A+, Implora Cosmetics, Roove, Tolak Angin, dan Sasa. Sementara Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services Award diraih oleh PT Siloam Internasional Hospitals Tbk (Grup RS Siloam), RS Awal Bros Group, Mandaya Hospital Group dan Vena Wasir Center (PT Rumah Wasir Andalan).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)