Lewat Ajang Smexpo 2023, Pertamina Konsisten Bina UMKM

Jum'at, 03 November 2023 - 15:30 WIB
loading...
Lewat Ajang Smexpo 2023, Pertamina Konsisten Bina UMKM
Cerita Inspiratif Tentang (Cinta) UMKM dalam rangkaian acara Pertamina Smexpo 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) konsisten membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan melalui Pertamina Smexpo 2023. Ajang pameran kali ini digelar empat kalinya untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

"Smexpo 2023 merupakan bukti aktif dan konsistensi Pertamina dalam membina UMKM," kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting dalam keterangannya, Jumat (3/11/2023).

Dia mengatakan rangkaian acara Pertamina Smexpo 2023 sangat lengkap dalam pembinaan UMKM mulai workshop, sharing session, business matching, dan imbauan kepada unit buyer Pertamina untuk berbelanja produk UMKM. Hal itu sejalan dengan program bangga dan cinta produk lokal.

"Dukungan Kementerian BUMN secara sederhana dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu pelatihan, pembiayaan, dan dukungan perluasan pasar," ujarnya saat menjadi pembicara pada podcast Cerita Inspiratif Tentang (Cinta) UMKM.

Sementara, VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan kebanggaan terhadap penyelenggaraan Pertamina Smexpo, yang mana tahun ini terdapat keterlibatan UMKM penyandang disabilitas.

Hal ini memberikan kesempatan Sobat Istimewa, sebutan penyandang disabiliitas di Pertamina, guna membuktikan potensi dan keunggulan produknya untuk dapat memperluas pasar hingga ke internasional.

"Melalui peningkatan hard skill dan soft skill dalam kewirausahaan, para Sobat Istimewa ini diharapkan bisa mendapatkan kesempatan dan kesetaraan dalam berwirausaha," tutur Fajriyah.



Lily Handayani, Sobat Istimewa Safina Quilt Balikpapan saat menjadi nara sumber pada podcast Cinta UMKM mengatakan, meskipun memiliki keterbatasan, ia tetap mampu menunjukkan kesuksesan usahanya.

Dia secara rutin berbagi ilmu melalui pelatihan kepada perempuan berdaya, ibu rumah tangga, dan guru sekolah luar biasa (SLB) di Provinsi Kalimantan Timur dengan tujuan meningkatkan rasa percaya diri dalam mengembangkan keahlian, kreativitas, dan kemandirian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2742 seconds (0.1#10.140)