Kolaborasi BUMN Mendorong Kemandirian Industri Kereta Api Nasional

Selasa, 07 November 2023 - 21:48 WIB
loading...
Kolaborasi BUMN Mendorong Kemandirian Industri Kereta Api Nasional
Pupuk Kaltim jalin kerja sama dengan INKA untuk penyediaan komponen kereta api berkualitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guna mendukung penguatan industri strategis nasional melalui kolaborasi antar-BUMN, PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) jalin kerja sama dengan PT INKA (Persero) untuk penyediaan komponen kereta api berkualitas. Kolaborasi ini menilik kemampuan Pupuk Kaltim melalui SBU Jasa Pelayanan Pabrik (JPP) yang telah teruji di sektor manufaktur, dengan beragam produk unggulan ataupun jasa layanan yang diberikan.



VP Bisnis dan Administrasi Pupuk Kaltim Septian Seno Rinaldhie mengungkapkan, sinergi ini untuk mendorong kemandirian industri kereta api nasional, sekaligus upaya memperkokoh posisi Pupuk Kaltim sebagai pemain utama di industri manufaktur dan logam nasional.

SBU JPP Pupuk Kaltim memiliki kualifikasi mumpuni dalam menghasilkan berbagai produk dan layanan di sektor manufaktur, di luar lini bisnis utama sebagai produsen pupuk nasional. Mulai dari produk fabrikasi, bisnis maintenance dan perawatan pabrik, pengecoran logam, layanan jasa inspeksi teknik, jasa kalibrasi listrik, hingga layanan laboratorium bersertifikasi dan lainnya.

"Industri maintenance dan manufaktur merupakan salah satu sektor yang dibidik Pupuk Kaltim melalui SBU JPP, guna menunjang lini bisnis utama dengan menyediakan produk dan layanan untuk berbagai kebutuhan dunia industri Tanah Air," ujar Septian, Selasa (7/11/2023).

Kerja sama dengan PT INKA juga bentuk dukungan perusahaan untuk memperkuat partisipasi industri domestik nasional, dengan menyediakan beragam komponen yang dibutuhkan untuk produksi kereta api dalam negeri. Dari sini diharapkan kemandirian industri kereta api Indonesia semakin terwujud, seiring meningkatnya tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di PT INKA.

"Melalui kerja sama ini, SBU JPP Pupuk Kaltim siap berkontribusi aktif dalam mendorong kemandirian industri kereta api Indonesia, dengan penyediaan komponen berkualitas unggul yang diproduksi oleh tim berpengalaman di bidangnya," tandas Septian.

Dijelaskan Septian, pengalaman SBU JPP telah teruji sejak 1992 untuk proses pengadaan suku cadang yang dibutuhkan perusahaan, sehingga tidak lagi mendatangkan dari luar. Pengalaman tersebut menjadikan SBU JPP mampu memberikan standar tinggi dalam jasa fabrikasi suku cadang hingga pemeliharaan pabrik.

Septian optimistis, makin meningkatnya kepercayaan industri nasional akan turut memperkokoh posisi SBU JPP Pupuk Kaltim sebagai pemain utama industri manufaktur dan logam di Indonesia. Pelaku usaha yang selama ini hanya mengenal Pupuk Kaltim sebatas produsen pupuk, bisa turut melirik produk dan layanan yang dikembangkan SBU JPP untuk membuka potensi pasar yang lebih luas.

Guna menjaga kepercayaan tersebut, SBU JPP juga terus berupaya meningkatkan daya saing dan kompetensi di industri manufaktur secara optimal. Termasuk jaringan supply equipment maupun penawaran jasa maintenance sektor industri, utamanya di bidang pertambangan dan sejenis di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)