Bos BI Rayu Investor Jepang untuk Investasi di Indonesia, Ini Tawarannya

Rabu, 08 November 2023 - 16:31 WIB
loading...
Bos BI Rayu Investor Jepang untuk Investasi di Indonesia, Ini Tawarannya
Gubernur BI, Perry Warjiyo mengajak, investor potensial di Jepang untuk melakukan investasi di Indonesia. Ia juga menekankan lima faktor utama yang dapat menjadi dasar pertimbangan untuk berinvestasi di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus turut berkontribusi dalam mendorong ekonomi riil melalui promosi investasi dan perdagangan produk Indonesia ke pasar global, termasuk Jepang. Geliat investasi dan produk lokal yang diyakini mampu menjadi salah satu faktor yang mendorong pemulihan ekonomi nasional ini merupakan salah satu fokus kebijakan BI sebagai bank sentral.

Selain itu, BI juga melakukan dialog kebijakan antara BI dan para akademisi di Jepang terkait dengan bauran kebijakan BI yang diyakini mampu mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia. Kedua hal itu menjadi bagian dari rangkaian kegiatan promosi investasi dan perdagangan “Indonesia Investment Forum" di Tokyo, Jepang (6-7 November 2023), sebagai hasil kerja sama BI dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan ASEAN Japan Centre (AJC).



Rangkaian yang bertujuan untuk penguatan kerja sama dan ajang promosi investasi ini, juga dilengkapi dengan program Dedikasi Bagi Negeri untuk sekolah RI di Jepang.

Pada kegiatan Indonesia Investment Forum, Gubernur BI, Perry Warjiyo mengajak, investor potensial di Jepang untuk melakukan investasi di Indonesia. Ia juga menekankan lima faktor utama yang dapat menjadi dasar pertimbangan untuk berinvestasi di Indonesia.

"Pertama, makroekonomi Indonesia yang stabil; kedua, pertumbuhan yang tinggi; ketiga, reformasi struktural yang terus berlangsung; keempat, akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan; dan kelima adalah pengembangan ekonomi inklusif dan berkelanjutan," ujar Perry di Tokyo, Rabu (8/11/2023).



Kesempatan ini juga menunjukkan betapa eratnya kerja sama Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 65 tahun. Semangat dan jalinan kerja sama perlu semakin diperkuat karena kedua negara menghadapi tantangan global yang sama. Kerja sama kedua negara ini dapat dipererat salah satunya dengan peningkatan investasi Jepang di Indonesia.

Sebagai bentuk nyata dari upaya mendorong peningkatan investasi Jepang di Indonesia, Bank Indonesia bersama BKPM memfasilitasi business matching dengan investor untuk 10 proyek clean and clear (CnC) Indonesia yang terpilih melalui proses kurasi untuk ditawarkan kepada investor dan korporasi di Jepang.

"Kesepuluh proyek terpilih tersebut bergerak di sektor energi terbarukan, jasa, dan kesehatan. Tingginya minat investor Jepang berinvestasi di Indonesia ditunjukkan dengan penandatanganan letter of intent (LoI) investasi pada sejumlah proyek di Indonesia. Harapannya, forum ini secara konkrit mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan secara berkelanjutan antar dua negara," jelas Perry.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)