Sukses Jalankan Program JKN, Puluhan Delegasi AeHIN Sambangi BPJS Kesehatan

Kamis, 09 November 2023 - 17:03 WIB
loading...
Sukses Jalankan Program JKN, Puluhan Delegasi AeHIN Sambangi BPJS Kesehatan
Puluhan delegasi AeHIN dari berbagai negara menyambangi kantor BPJS Kesehatan untuk studi banding dalam peningkatan layanan kesehatan melalui teknologi digital. (Foto: BPJS Kesehatan)
A A A
JAKARTA - BPJS Kesehatan bersama dengan Kementerian Kesehatan menjadi penyelenggara dan tuan rumah acara Asian eHealth Information Network (AeHIN) General Meeting 2023 pada 6-9 November 2023 di Jakarta. Acara yang dihadiri delegasi dari berbagai negara di Asia, membahas langkah strategis dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui teknologi digital.

Puluhan delegasi Joint Learning Network (JLN) dari berbagai negara yang mengikuti acara tersebut berkesempatan mengunjungi Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Rabu (8/11/2023) siang. Dalam kesempatan tersebut, para delegasi melihat langsung manajemen pengelolaan Program JKN oleh BPJS Kesehatan.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan, Deputi Direksi Bidang Manajemen Data dan Informasi BPJS Kesehatan Donni Hendrawan, dan Steering Group Joint Learning Network (JLN) Ethan Wong.

Kehadiran BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi magnet tersendiri bagi negara-negara di dunia. Pasalnya, belum genap sepuluh tahun berjalan, sudah lebih dan 95% penduduk Indonesia menjadi peserta Program JKN.

Prestasi membanggakan BPJS Kesehatan membuat Indonesia dinilai sebagai salah satu negara tercepat dalam berprogres menuju Universal Health Coverage (UHC) oleh Asian eHealth Information Network (AeHIN). Karena itulah, tak sedikit negara yang tertarik mempelajari bagaimana BPJS Kesehatan beroperasi.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan bahwa data yang dimiliki BPJS Kesehatan merupakan aset yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan penelitian maupun pengambilan kebijakan yang kredibel berbasis bukti (evidence based policy), untuk mendukung optimalisasi penyelenggaraan Program JKN.

BPJS Kesehatan juga telah menyediakan data sampel yang dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat merepresentasikan data yang ada di BPJS Kesehatan. Ini memudahkan proses pengolahan data oleh peneliti, akademisi, praktisi, dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Data dan informasi Program JKN ini ibarat tambang emas. Setiap harinya ada 112 transaksi data yang berlangsung di dalam ekosistem Program JKN, atau 1.296 transaksi data per detik. Terdapat 397,8 miliar row data, yang meliputi data kepesertaan, pelayanan kesehatan, dan iuran. Karenanya, kami berupaya memastikan keamanan data peserta BPJS Kesehatan dilindungi sebaik-baiknya," kata Ghufron saat ditemui usai acara.

Ghufron yang saat ini juga menjabat Ketua TC Health International Social Security Association (ISSA) beranggotakan 160 negara ini, menambahkan BPJS Kesehatan telah mengembangkan beragam inovasi digital untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada peserta.

Mulai dari antrean online untuk memangkas waktu tunggu di fasilitas kesehatan layanan skrining riwayat kesehatan untuk mendeteksi dini risiko penyakit kronis, konsultasi online dengan dokter, dan yang terbaru bernama i-Care JKN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)