Respons Prabowo soal Buruh Jangan Nuntut Upah Naik, Said Iqbal: Pernyataan Keliru

Kamis, 09 November 2023 - 19:05 WIB
loading...
Respons Prabowo soal Buruh Jangan Nuntut Upah Naik, Said Iqbal: Pernyataan Keliru
Said Iqbal merespons pernyataan Prabowo soal upah buruh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI Said Iqbal menanggapi pernyataan calon presiden Prabowo Subianto yang meminta buruh untuk tidak selalu menuntut pengusaha menaikkan upah. Terutama, bila perusahaan tempat mereka bekerja sedang "buntung".



Said Iqbal mengatakan bahwa pernyataan tersebut keliru. Menurutnya, Prabowo tidak memahami dunia perburuhan, bahkan terkesan tidak berpihak pada kepentingan buruh.

Pasalnya kata Said, jika ada perusahaan tidak mampu menaikkan upah minimum dan upah berkala merupakan kasus per kasus.

"Pernyataan itu keliru, jadi jangan digeneralisasi. Bagi perusahaan yang tidak mampu tersebut, bisa saja dalam peraturan diatur mereka dapat mengajukan penangguhan kenaikan upah minimum dengan membuktikan laporan pembukuan dua tahun berturut-turut perusahaan merugi, dan sudah diaudit akuntan publik," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/11/2023).

“Jadi tidak boleh juga perusaaan menyatakan mereka tidak mampu. Apa definisi tidak mampunya? Maka audit laporan pembukuan perusahaan adalah jawabannya,” tegasnya.

Said Iqbal mengatakan upah minimum adalah jaring pengaman (savety net) agar buruh tidak terjerumus dalam jurang kemiskinan ketika memasuki dunia kerja, karena naluri mayoritas pengusaha hitam ingin memberikan upah murah dan tenaga kerja outsourcing.

Oleh karena itu, negara, termasuk para capres harus melindungi buruh dengan menaikkan upah minimum sebabagai safety net.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya maupun buruh lainnya tetap akan memperjuangkan kenaikan upah minimum 2024.

“Oleh karena itu, Partai Buruh dan KSPI akan tetap memperjuangkan kenaikan upah minimum 2024 sebesar 15% atau mogok nasional,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)