alexa snippet

Inalum Setujui Hitungan Jonan Soal Harga Saham Freeport

Inalum Setujui Hitungan Jonan Soal Harga Saham Freeport
Inalum mengungkapkan bahwa hitungan Menteri ESDM Ignasius Jonan terkait valuasi saham Freeport Indonesia sudah pas. Grafis/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mengungkapkan bahwa hitungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan terkait valuasi saham PT Freeport Indonesia adalah perhitungan yang pas. Jonan menilai bahwa valuasi 51% saham divestasi Freeport sebesar USD4 miliar.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sejatinya perseroan mengikuti keputusan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai valuasi saham Freeport. Namun, perkiraan yang dikeluarkan Jonan dinilai sangat bagus.

"Aku rasa itu ancer-ancer yang bagus perhitungan yah bagus. Aku ikut saja dengan aturan Pak Jonan dan Ibu Ani (Menkeu Sri Mulyani)," katanya di Kantor Inalum, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Sejatinya, kata dia, perseroan sangat siap untuk menyerap saham divestasi Freeport. Penunjukkan dirinya sebagai bos baru Inalum pun menjadi bagian dari persiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyerap saham Freeport.

"Salah satu ciri-cirinya saya sudah diturunkan di sini (di Inalum). Itu ciri-ciri dalam rangka menyiapkan divestasi," imbuh dia.

Saat ini, lanjut Budi, proses divestasi saham Freeport oleh BUMN semakin mengerucut. Sayangnya, hingga saat ini pihaknya masih belum ingin membocorkan mengenai persentase saham yang didivestasikan Freeport.

"Balik lagi kan ini domain Pak Jonan dan Ibu Ani. Jadi, saya ikut sebagai peserta dan pesuruh, tapi kalau saya bilang progresnya bagus. Ya makin mengerucut," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jonan mengklaim bahwa valuasi 51% saham yang didivestasikan PT Freeport Indonesia (PTFI) hanya sekitar USD4 miliar. Hal ini dihitung dari kontribusi PTFI terhadap kapitalisasi pasar Freeport McMoran saat ini.

Pada perdagangan pekan lalu di bursa saham Amerika Serikat (New York Stock Exchange/NYSE), kata Jonan, nilai kapitalisasi saham Freeport McMoran adalah sebesar USD20,74 miliar. Sementara, kontribusi PTFI terhadap keuntungan dan pendapatan Freeport McMoran dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir sekitar 40%.

"Saya buka kapitalisasi Freeport McMoran di NYSE itu USD20,74 miliar hari kemarin penutupan. Kontribusi PTFI terhadap pendapatan dan keuntungan dalam 5-10 tahun terakhir  maksimal 40%," katanya baru-baru ini.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top