Drama Cabai Rawit Merah: Sudah Harga Meroket, Stok Sulit Didapat Pula

Sabtu, 11 November 2023 - 14:10 WIB
loading...
Drama Cabai Rawit Merah: Sudah Harga Meroket, Stok Sulit Didapat Pula
Harga cabai rawit terus meroket. Foto/AldhiChandra/MPI
A A A
MALANG - Harga cabai di Kota Malang terus mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan harga cabai diiringi juga sulitnya pedagang mendapat stok cabai.



Di Pasar Bunulrejo, Malang, Jawa Timur, misalnya pada Sabtu (11/11/2023) di beberapa pedagang, harga cabai rawit merah mencapai Rp80 ribu per kilogram. Kenaikan terus terjadi sejak akhir Oktober 2023 lalu.

Kasyanto, salah satu pedagang sayur di Pasar Bunulrejo, mengatakan, kenaikan harga cabai rawit merah sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Kenaikan harga cabai mencapai Rp40 ribu dari harga sebelumnya di angka Rp40 ribu per kilogram, atau naik seratus persen.

"Harga cabai rawit merah eceran per kilogram Rp80 ribu. Naiknya sudah dua minggu, sebelumnya Rp40 ribu. Barangnya sekarang susah, ini kemungkinan naiknya pengaruh kemarau panjang," ucap Kasyanto, pada Sabtu (11/11/2023).

Kenaikan ini diakui cukup berdampak padanya. Mengingat beberapa pedagang makanan mulai mengurangi konsumsi cabai, sehingga membuat omzetnya sedikit berkurang.

“Mungkin pengaruhnya ke penjual makanan, tapi tetap ramai yang beli karena mau tidak mau," katanya.

Kenaikan juga dikatakan Kasyanto, terjadi di komoditas sayuran lainnya seperti brokoli dan sawi hijau. Kenaikan sayur-sayuran ini di harga bervariasi mulai dari Rp2 ribu hingga Rp20 ribu per kilogramnya.

"Harga naik juga komoditas sayuran, mungkin karena lahan terbatas. Ini brokoli hijau sekarang Rp40.000 per kilo sebelumnya Rp20.000, sawi hijau Rp10.000 sebelumnya Rp8.000, naiknya sejak awal Oktober, tapi enggak pengaruh tetap laku saja," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Eko Sri Yuliadi mengatakan bahwa, untuk bisa meredam kenaikan harga sejumlah komoditas ini. pemerintah daerah bakal menggelar operasi pasar murah terutama menjelang momen Natal dan Tahun Baru.



“Kami lakukan pada saat akhir-akhir bulan, menjelang Natal dan Tahun Baru. Sehingga perkiraannya kami lakukan pada akhir November 2023,” katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)