Kekuatan Ekonomi BRICS Tumbuh Pesat Melampaui G7

Senin, 13 November 2023 - 13:05 WIB
loading...
Kekuatan Ekonomi BRICS Tumbuh Pesat Melampaui G7
Kekuatan ekonomi BRICS dinilai telah melampaui G7 yang dimotori negara-negara maju utama. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan pesat BRICS mengubah perekonomian global, dengan kontribusi kelompok tersebut terhadap produk domestik bruto (PDB) dunia dalam hal paritas daya beli (PPP) meningkat jauh melampaui negara-negara maju utama Kelompok Tujuh (G7).

BRICS saat ini beranggotakan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Namun kelompok ini akan diperkuat oleh Argentina, Mesir, Etiopia, Iran, Arab Saudi, dan UEA yang akan bergabung pada bulan Januari. Sementara klub G7 terdiri dari negara-negara industri dan maju yang beranggotakan Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, dan Jepang.



Bloomberg dalam laporannya yang dikutip RT, Senin (13/11/2023), mengindikasikan bahwa perluasan BRICS sudah lebih besar dibandingkan G7. Pada tahun 2022, blok tersebut menyumbang 36% dari perekonomian global, dibandingkan dengan 30% dari G7.

"Perkiraan kami menunjukkan bertambahnya angkatan kerja dan ruang yang luas untuk mengejar ketertinggalan teknologi akan meningkatkan pangsa BRICS+ menjadi 45% pada tahun 2040, dibandingkan dengan 21% di negara-negara G7. Akibatnya, BRICS+ dan G7 akan bertukar tempat dalam ukuran relatif antara tahun 2001 dan 2040," tulis Bloomberg.

Bloomberg juga menunjukkan bahwa kelompok ekonomi BRICS yang diperluas akan mencakup beberapa eksportir minyak terbesar di dunia, yaitu Arab Saudi, Rusia, UEA dan Iran, serta beberapa importir terbesarnya – China dan India.



"Jika BRICS berhasil mengalihkan sebagian penyelesaian transaksi minyak ke mata uang lain, hal ini dapat berdampak besar terhadap porsi dolar dalam perdagangan internasional dan cadangan devisa global,” tambah laporan tersebut, seraya mencatat bahwa anggota BRICS telah secara aktif untuk meninggalkan greenback dalam perdagangan mereka.

Selain menyoroti keunggulan BRICS, seperti ukuran, keragaman dan ambisinya, laporan ini juga menunjukkan beberapa tantangan yang dihadapi kelompok tersebut, termasuk perlambatan ekonomi China, ketidakmampuan untuk beralih dari petrodolar dalam waktu dekat, serta sebuah 'keengganan' untuk mempromosikan satu alternatif.

"BRICS akan mengubah dunia, namun hal ini mungkin lebih disebabkan oleh peningkatan kontribusi mereka terhadap PDB dan perbedaan sistem politik dan ekonomi dibandingkan dengan realisasi rencana besar para pembuat kebijakan," Bloomberg menyimpulkan.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)