BRICS Bisa Hancurkan Dominasi Dolar Meski Tanpa Mata Uang Bersama

Sabtu, 04 November 2023 - 19:05 WIB
loading...
BRICS Bisa Hancurkan Dominasi Dolar Meski Tanpa Mata Uang Bersama
Pengaruh BRICS yang semakin kuat dinilai dapat mengancam dominasi dolar. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mantan ekonom Gedung Putih Joe Sullivan memperkirakan dolar Amerika Serikat (AS) akan menghadapi tantangan yang semakin besar dari negara-negara BRICS, seiring semakin besarnya ukuran dan pengaruh blok tersebut terhadap perdagangan global.

Dalam opininya baru-baru ini di Foreign Policy, Sullivan menunjukkan meningkatnya kekhawatiran bahwa negara-negara BRICS dapat menciptakan mata uang yang dapat menyaingi dolar AS dalam perdagangan internasional. Mata uang seperti itu dinilai berpotensi menjatuhkan dolar dari posisi teratasnya di pasar perdagangan global dan sebagai mata uang cadangan dominan.



Meskipun para pejabat BRICS menyatakan belum ada mata uang bersama yang disepakati, blok negara-negara berkembang yang baru-baru ini memperluas keanggotaannya dengan Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab ini menurutnya dapat menjadi ancaman bagi dolar AS karena pengaruhnya yang semakin besar.

"Penambahan Mesir, Ethiopia, dan Arab Saudi dapat memberikan pengaruh BRICS lebih dari 12% dari seluruh perdagangan global. Pasalnya, ketiga negara tersebut mengelilingi Terusan Suez, jalur utama aliran barang ke pasar internasional," ungkapnya seperti dikutip BusinessInsider, Sabtu (4/11/2023).

Sullivan mencatat bahwa blok tersebut juga memiliki pengaruh besar di pasar komoditas. Arab Saudi, Iran, dan Uni Emirat Arab merupakan beberapa eksportir bahan bakar fosil terbesar di dunia. Sementara Brasil, China, dan Rusia merupakan eksportir utama logam mulia.

Penambahan Arab Saudi khususnya dapat memberikan keuntungan besar bagi BRICS+. Negara Timur Tengah ini memiliki obligasi Treasury AS senilai lebih dari USD100 miliar, yang telah membantu menjadikan total kepemilikan BRICS di Treasury AS lebih dari USD1 triliun.

"Negara-negara BRICS+ tidak perlu menunggu sampai mata uang perdagangan bersama memenuhi kondisi teknis yang lazim bagi mata uang cadangan global sebelum mereka mengayunkan dampak ekonomi mereka yang semakin besar terhadap dolar," tambahnya.



Sullivan menunjuk pada yuan China, yang mengungguli mata uang global lainnya dalam perdagangan karena mitra dagang Beijing meningkatkan penggunaan renminbi. Pada akhirnya, kata dia, tren itu dapat membantu menempatkan dolar pada posisi yang sama dengan pound Inggris, yang tergelincir dari dominasi internasional pada tahun 1800-an.

"Negara-negara BRICS+ bahkan tidak perlu memiliki mata uang bersama. Jika BRICS+ meminta Anda membayar setiap anggota dalam mata uang nasionalnya sendiri untuk berdagang dengan salah satu dari mereka, maka peran dolar dalam hal ini adalah ekonomi dunia akan terpuruk. Tidak akan ada pengganti yang jelas bagi dolar sebagai cadangan global. Berbagai mata uang akan menjadi semakin penting," katanya.

Ekonom lain berpendapat bahwa peran dolar sebagai mata uang perdagangan dan cadangan utama dunia kemungkinan akan berlanjut untuk waktu yang lama. Menurut data Bank of International Settlements dan Dana Moneter Internasional (IMF), dolar masih mengalahkan yuan sebagai mata uang saingannya dalam perdagangan internasional dan cadangan bank sentral dengan selisih yang besar.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2520 seconds (0.1#10.140)