Demoday KreatIPO: Upaya Kemenparekraf Mendorong Usaha Parekraf Melantai di Bursa Efek

Selasa, 14 November 2023 - 15:18 WIB
loading...
Demoday KreatIPO: Upaya Kemenparekraf Mendorong Usaha Parekraf Melantai di Bursa Efek
Kemenparekraf berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) gelar kegiatan Demoday KreatIPO untuk memfasilitasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) mempresentasikan produk atau layanan mereka. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf /Baparekraf) berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) gelar kegiatan Demoday KreatIPO untuk memfasilitasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ( Parekraf ) mempresentasikan produk atau layanan mereka kepada stakeholder pasar modal mencakup penjamin emisi efek (underwriter), serta lembaga dan profesi penunjang pasar modal lainnya.

“Kegiatan Demo Day memberikan kesempatan kepada pelaku parekraf untuk melakukan networking serta terhubung dengan lembaga dan profesi penunjang pasar modal,” ujar Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani Mustafa dalam sambutan pada acara Demo Day KreatIPO, di Hotel Westin Jakarta, Senin (13/11/2023).



Ia secara khusus menyampaikan pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno agar pelaku parekraf teredukasi terkait IPO sehingga masalah permodalan yang masih menjadi salah satu tantangan besar bagi para pelaku usaha parekraf di Indonesia dapat teratasi.

“Menparekraf menyampaikan, teruskan dan ini penting sekali karena model pembiayaan dari IPO ini menjadi salah satu cara pengembangan industri parekraf,” kata Rizki.

Untuk itu Ia menjelaskan, Kemenparekraf/Baparekraf telah melaksanakan Program ini secara berjenjang, dimulai dari Bincang Pasar Modal, Coaching Clinic KreatIPO, seleksi masuk IDX Incubator, hingga pembinaan intensif dari IDX Incubator. Demoday menjadi penutup yang sebuah rangkaian program ini.



Kegiatan Demoday KreatIPO dihadiri lembaga dan profesi penunjang pasar modal. Sebanyak 13 underwriter, 5 Kantor Hukum, dan 5 Kantor Akuntan Publik hadir sebagai tim evaluator, untuk menilai dan memberikan feedback bagi 9 peserta yang mempresentasikan usahanya.

Selain itu kegiatan hari ini menjadi memomen berharga bagi peserta untuk melakukan Networking, di mana peserta dapat menjalin hubungan dengan lebih dari 20 lembaga dan profesi penunjang pasar modal untuk menemukan working team dalam mempersiapkan usahanya menuju IPO.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana menjelaskan, ada 9 pelaku usaha parekraf yang melaksanakan Demo Day pada hari ini. Di antaranya PT Lokal Kreasi Indonesia; PT Sekarmas Nusantara; PT Baba Rafi Enterprise; PT Citra Menara Mas; PT Sakti Kinerja Kolaborasindo; PT Tigapilar Berkah Abadi; PT Reservasi Indonesia Sejahtera; PT Sentra Vidya Utama; dan PT Ide Bangsa Mahardhika.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Iman Rachman mengatakan, Bursa Efek Indonesia siap memberikan pendampingan bagi pelaku parekraf yang ingin memanfaatkan pendanaan pasar modal dari perusahaan terbuka melalui IPO.

“Saya mewakili Bursa Efek Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif kerja sama ini yang juga sejalan untuk mengajak lebih banyak perusahan kecil dan menengah Indonesia khususnya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat semakin bertumbuh dan berkembang melalui pendanaan di pasar modal,” ujar Iman.

Dalam kegiatan ini juga turut dilakukan Penandatangan Perpanjanagan Kesepahaman bersama antara Kemenparekraf/Baparekraf bersama dengan Bursa Efek Indonesia tentang Peningkatan Pemahaman Pasar Modal Dan Go Public Kepada Pemangku Kepentingan dan Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)