Laksanakan Program TJSL, Grup MIND Konsiten Berantas Stunting

Selasa, 14 November 2023 - 08:16 WIB
loading...
Laksanakan Program TJSL, Grup MIND Konsiten Berantas Stunting
Grup MIND laksanakan TJSL dengan program atasi stunting. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam momentun peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkontribusi secara langsung untuk kesehatan masyarakat. Upaya itu sejalan dengan misi MIND ID untuk menjadi perusahaan pertambangan kelas dunia yang berkelanjutan.



Menurut Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, strategi Grup MIND ID memelihara kesehatan masyarakat sekitar tambang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

“Salah satu fokus utama Grup MIND ID dalam bidang kesehatan adalah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang,” kata Heri Yusuf, dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Komitmen tersebut diwujudkan dengan berbagai program kesehatan Grup MIND ID, salah satunya mengatasi stunting. Masalah itu menjadi salah satu fokus utama Grup MIND ID dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Menurut data Kementerian Kesehatan, prevalensi stunting di Indonesia pada 2022 masih sebesar 24,4%. Angka tersebut masih jauh dari target pemerintah yang sebesar 14% pada 2024, sehingga Grup MIND ID menggencarkan aksi pencegahan stunting di berbagai wilayah Indonesia.

Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berkomitmen untuk mendukung percepatan penurunan stunting di area pertambangan UBP Bauksit, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Prevalensi stunting di Kabupaten Sanggau mencapai 32,5% pada 2022, sehingga masalah stunting menjadi salah satu fokus program TJSL PT Antam.

Anggota Grup MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah stunting. Salah satu kegiatan yang dilakukan PTFI yakni menggandeng Komunitas Instro Karyawan Freeport menggelar kegiatan edukasi masyarakat bertajuk Peduli Stunting melalui Edukasi Pengolahan MPASI dengan Bahan Pangan Lokal di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Oktober 2023 lalu.

Anggota MIND ID PT Timah Tbk juga tidak ketinggalan. PT Timah kerap memberikan edukasi dan bantuan makanan tambahan bagi anak-anak stunting di wilayah operasional perusahaan melalui program Mobil Sehat PT Timah Tbk.

Sementara itu, PT Bukit Asam Tbk sukses meningkatkan akses masyarakat, terutama masyarakat miskin, terhadap pangan bergizi. Hal ini dilakukan melalui program Rumpun Pangan Dengan Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan (Ruang Rural) bekerja sama dengan lembaga ekonomi petani PT Pengayom Tani Sejagad.



Adapun PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM melakukan sejumlah program berkelanjutan penanggulangan stunting di sekitar wilayah operasional dalam rangka mendukung Indonesia Bebas Stunting 2030. Program tersebut antara lain perbaikan gizi balita stunting, program bapak asuh, dan program preventif pencegahan stunting untuk ibu hamil.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)