Ganjar Diskusi Pertumbuhan Ekonomi dengan Sri Mulyani Target 7%, Berapa Angka Pertumbuhan Saat ini?

Selasa, 14 November 2023 - 17:09 WIB
loading...
Ganjar Diskusi Pertumbuhan Ekonomi dengan Sri Mulyani Target 7%, Berapa Angka Pertumbuhan Saat ini?
Calon Presiden Ganjar Pranowo mengungkapkan, bahwa dirinya telah melakukan diskusi strategis dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati, terkait strategi pertumbuhan ekonomi untuk keluar dari middle income trap. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo mengungkapkan, bahwa dirinya telah melakukan diskusi strategis dengan Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati, terkait strategi pertumbuhan ekonomi untuk keluar dari perangkap pendapatan menengah atau 'middle income trap' di Indonesia.



Pertemuan antara keduanya berlangsung sebelum pandemi Covid-19 melanda, di mana Sri Mulyani meminta Ganjar untuk merumuskan strategi guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mencapai 7% per tahun.

Mantan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode itu menjelaskan, bahwa pemilihan angka 7% sebagai target pertumbuhan ekonomi dalam dokumen visi-misinya bersama Calon Wakil Presiden, Mahfud MD, dipilih karena dianggap sebagai angka ideal untuk menghindari middle income trap.



Dalam acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 pada, Rabu (8/11/2023) Ganjar Pranowo berbagi informasi mengenai diskusi tersebut, menegaskan komitmennya untuk memberikan kepastian dan penegakan hukum yang jelas kepada para pengusaha.

"Pertumbuhan ekonomi sampai 7% kenapa? Kita pernah bicara sama Sri Mulyani sebelum pandemi, 'Pak Ganjar siapin dong kalau enggak kita middle income trap'," ujar Ganjar.

Berangkat dari pembicaraan ini, Ganjar Pranowo menetapkan target pertumbuhan ekonomi 7% sebagai bagian dari dokumen visi-misi bersama Calon Wakil Presiden, Mahfud MD.

Berapakah laju pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini? Seberapa jauhkah keinginan Ganjar untuk meningkatkan angka tersebut?

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Saat Ini

Melansir dari sejumlah media nasional, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo memastikan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada keseluruhan tahun 2023 akan berada dalam kisaran 4,5%-5,3%. Hal ini diungkapkan dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Meski realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2023 meleset dari perkiraan, Perry memastikan bahwa asumsi prognosa untuk pertumbuhan ekonomi tetap sesuai dengan Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) sebesar 5,01%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)