Ternyata! Begini Potret Akses Menuju IKN Nusantara

Kamis, 16 November 2023 - 11:16 WIB
loading...
Ternyata! Begini Potret Akses Menuju IKN Nusantara
Jembatan Pulau Balang salah satu akses menuju IKN. Foto/MPI
A A A
KALIMANTAN TIMUR - Akses menuju Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara, Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bisa ditempuh melalui jalar laut dengan menggunakan speed boat atau kapal kecil. Jalur ini bisa dimulai dari Pelabuhan Semayang di teluk Balikpapan.



MNC Portal dan tim PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkesempatan menjajal perjalanan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Semayang ke Jembatan Pulau Balang, sebelum menggunakan kendaraan darat menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), IKN Nusantara, Kamis (16/11/2023).

Perjalanan dari Pelabuhan Semayang dimulai pukul 8.00 dan tiba di Jembatan Pulau Balang pukul 9.00 WIT. Artinya, waktu yang dihabiskan dalam perjalanan kurang lebih 1 jam.

Dermaga di Pulau Balang yang dipakai untuk sandar speed boat yang ditumpangi MNC Portal dan rombongan bukanlah pelabuhan komersial. Akses atau fasilitas tersebut hanya digunakan oleh pekerja proyek Jalan Tol IKN-Balikpapan.

Kendati begitu, ada pilihan Dermaga lain yakni Cita Sabut. Dermaga itu masih berstatus privat akses dari perusahaan kayu, PT ITCI Hutani Manunggal.

Dalam perjalanan menelusuri teluk Balikpapan tim disuguhkan pemandangan menarik, termasuk Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan dua wilayah di Kalimantan Timur yakni Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

Jembatan Pulau Balang sendiri rampung dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2022 lalu. Jembatan itu nantinya menjadi jalur utama angkutan logistik dan akses utama ke IKN Nusantara.

Dari pantauan MNC Portal, di sekitar jembatan utama sepanjang 804 meter (m) itu masih terdapat pengerjaan proyek. Terutama, proyek Jalan Tol Segmen Jembatan Pulau Balang - Sp. Riko, yang nantinya akan tersambung dengan Bandara Very Very Important Person (VVIP).



Dari Pulau Balang tim lalu melanjutkan perjalanan via darat (non tol) ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, IKN Nusantara. Waktu yang ditempu kurang lebih 1 jam.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)