Ganjar-Mahfud Ingin Optimalkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

Kamis, 16 November 2023 - 13:41 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Ingin Optimalkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia
Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar-Mahfud, menegaskan tekad mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Komitmen ini tercantum dalam dokumen visi misi mereka, khususnya pada poin 3.3.2, yang menekankan pentingnya memajukan Pusat Industri Halal Dunia.

Ganjar-Mahfud berencana untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah, mendukung digitalisasi, serta memperluas pasar halal baik di tingkat nasional maupun ekspor produk halal dengan melibatkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Langkah-langkah ini diyakini akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dengan mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, negara ini memiliki potensi besar untuk menjadi pusat industri halal terbesar di dunia.



Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi syariah dan industri halal di Indonesia berpotensi terus menunjukkan kestabilannya, terutama jika dilihat dari konsumen Muslim dunia. Menurut laporan Dinar Standard, proyeksinya menunjukkan bahwa umat Muslim global diperkirakan akan menghabiskan hingga USD2,8 trilliun untuk produk halal pada tahun 2025.

Indonesia, sebagai negara dengan jumlah umat Muslim terbesar di dunia, mencapai 241,7 juta orang pada tahun 2022, yang setara dengan 87% dari total penduduk. Diperkirakan bahwa pengeluaran umat Muslim Indonesia untuk produk dan layanan yang memenuhi standar halal akan terus meningkat, dengan proyeksi pertumbuhan sebesar 14,96% hingga tahun 2025, mencapai USD281,6 miliar.

Dari data tersebut maka ada banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan sektor-sektor industri yang dapat mendorong Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia yang direncanakan oleh Ganjar-Mahfud. Kira-kira apa saja sektor potensialnya? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

Sektor Industri yang Dapat Mendorong Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

1. Makanan & Minuman
Sektor makanan dan minuman mendominasi pasar halal di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PPJI di PT. Surveyor Indonesia, Indonesia, dengan populasi Muslim sebanyak 229,6 juta pada tahun 2020, memegang posisi sebagai pasar ekonomi halal domestik terbesar di dunia.

Sektor makanan halal sendiri mencapai total nilai 135 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun tersebut. Oleh karena itu, fokus pengembangan makanan dan minuman halal ini bisa menjadi potensi besar bagi Indonesia sebagai eksportir produk konsumsi halal ke berbagai negara di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)