Ganjar-Mahfud Siap Maksimalkan Ekonomi Biru, TPN: Optimalkan yang Belum Maksimal

Rabu, 15 November 2023 - 18:43 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Siap Maksimalkan Ekonomi Biru, TPN: Optimalkan yang Belum Maksimal
Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD menyatakan, kesediaannya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi biru pada sektor kelautan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD menyatakan, kesediaannya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi biru pada sektor kelautan . Hal ini dilakukan guna mendukung pertumbuhan ekonomi negara ke depan.



Dalam visi dan misinya, Ganjar menyoroti potensi besar Indonesia sebagai negara maritim dengan 77% luas wilayah perairan. Oleh karena itu, ia anggap sangat disayangkan apabila potensi ini tidak dimanfaatkan sepenuhnya untuk memajukan perekonomian masyarakat, terutama di daerah pesisir.

"Wilayah laut dan perairan Indonesia itu 77%. Namun sektor maritim hanya berkontribusi sebesar 7,6% dari GDP di 2001," tegas Ganjar menyampaikan pendapatnya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia pada Rabu (8/11/2023) lalu.



Mengamati situasi tersebut, Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu memiliki gagasan untuk mengajak pelaku usaha dan civitas akademis di perguruan tinggi untuk melakukan penelitian yang dapat dijadikan dasar untuk pembuatan kebijakan publik.

Selain itu, ada beberapa hal yang Ganjar sebut dapat dilakukan untuk membantu mengoptimalkan perekonomian dari sektor kelautan. Salah satunya adalah dengan membangun sektor pariwisata yang ramah lingkungan.

Hal ini dapat dilakukan dengan membangun tempat wisata yang lebih mudah diakses oleh wisatawan, mempromosikan pariwisata yang peduli terhadap pelestarian alam dan kearifan lokal dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja, keahlian teknis lingkungan, dan manajemen ekonomi.

"Ada juga sustainable fishing, dari 12 juta ton ke 15 juta ton. Itu jadi perdebatan dan belum usai, apakah penangkapan berukur itu bisa berdampak. Kita belum bisa mengatur itu ke nelayan. Tapi di sisi lain ada potensi blue carbon credit. Anak muda itu tertarik. Dalam kepemimpinan asean itu kita bisa ambil potensi carbon credit dan carbon tradingnya. Jadi kita punya kekuatan cukup bagus," ujar Ganjar.

TPN : Ganjar-Mahfud akan Optimalkan Ekonomi Biru
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)