Bonus Demografi dan Potensi Reksa Dana di Tahun 2030

Jum'at, 17 November 2023 - 16:46 WIB
loading...
Bonus Demografi dan Potensi Reksa Dana di Tahun 2030
Adanya bonus demografi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perekonomian Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan keuangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia diperkirakan akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2030-an sehingga berpeluang besar bagi pertumbuhan ekonomi. Bonus demografi merupakan potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk, dimana proporsi usia produktif lebih besar daripada proporsi bukan usia produktif.



Proporsi usia produktif tentu akan memiliki potensi untuk perubahan ekonomi yang lebih baik lagi. Usia produktif yakni 15 - 64 tahun, dimana di rentang usia ini setiap individu sudah mampu bekerja dan memiliki penghasilan.

Adanya bonus demografi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perekonomian Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan keuangan, dalam mengelola uang tidak semudah yang kita bayangkan, perlu adanya literasi dan kontrol diri.



Kesadaran masyarakat dalam mengelola keuangan dapat dibangun sejak dini sehingga ketika berpenghasilan dapat mengatur keuangan dengan baik. Menanggapi hal tersebut perlu adanya literasi keuangan pada masyarakat yang harus digencarkan oleh pihak terkait. Salah satu literasi keuangan yang yang harus diterapkan adalah berinvestasi dan menabung untuk masa depan.

Investor muda diprediksi semakin berkembang pesat karena dorongan beberapa faktor, salah satunya adalah perkembangan digital yang semakin pesat. Salah satu instrumen investasi yang mudah untuk dilakukan bagi generasi muda adalah reksa dana .

KSEI mencatat di tahun 2022 tercatat sekitar 9 juta investor reksa dana dan angka ini mengalami kenaikan konsisten hingga di Oktober 2023 menjadi 11 juta lebih investor. Potensi pertumbuhan dana kelolaan industri reksadana juga didorong adanya bonus demografi yang dimiliki Indonesia

Pertumbuhan ekonomi juga dinilai menjadi pendorong dana kelolaan industri reksa dana nasional. Bagi para calon investor dapat memulai investasi reksa dana dengan Rp100.000.

PT MNC Asset Management selaku manajer investasi menyediakan produk reksa dana pasar uang yaitu MNC Dana Lancar dengan indikasi return 4,57% net p.a dan MNC Dana Syariah Barokah dengan indikasi imbal hasil 4,03% net p.a. Nasabah bisa membeli reksa dana pasar uang tersebut melalui website motionfunds.id.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)