Upaya Membawa Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Global

Senin, 20 November 2023 - 16:55 WIB
loading...
Upaya Membawa Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Global
Sejumlah kalangan terus mendorong pelaku UMKM masuk pasar global. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dengan banyaknya serbuan produk luar yang masuk ke Indonesia saat ini, Sahabat UMKM --sebagai salah satu komunitas yang menjadi wadah berkumpulnya para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah)--mempunyai mimpi akan tampilnya produk UMKM di pasar luar negeri. Sahabat UMKM juga mendorong pelaku usaha lokal untuk berani menjajal peluang di pasar yang lebih luas.



"Jadi akan memicu kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan skill serta inovasi produk mereka agar mampu bersaing di pasar global," kata Ketua Umum Sahabat UMKM, Joanina RN, kepada pers, di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Untuk mewujudkan mimpi serta harapan tersebut, Sahabat UMKM mengadakan program ‘EKSPLORASI’ Promosi & Business Matching Produk UMKM ke Pasar Global yang akan berlangsung di Nagoya, Jepang pada 26 November 2023. Program EKSPLORASI memiliki misi untuk mengangkat dan mempromosikan produk UMKM ke pasar global.

EKSPLORASI diharapkan dapat membangkitkan semangat dan daya saing UMKM Indonesia untuk berani ekspor ke pasar internasional, khususnya Jepang. Salah satu upaya itu, pada tahun 2022, Sahabat UMKM melakukan penandatanganan MoU dengan ANC Japan dengan tujuan agar produk pelaku UMKM Indonesia dapat mendapatkan peluang untuk masuk ke pasar Jepang.

"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tidak mudah untuk masuk pasar Jepang mengingat standardisasi produk yang beredar di Jepang sangatlah tinggi," kata dia.

Namun dengan standardisasi yang tinggi tersebut, Komunitas Sahabat UMKM justru melihat peluang agar pelaku UMKM di Indonesia mampu meningkatkan skill serta memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas dengan standar internasional.

Dengan melakukan kegiatan promosi dan memfasilitasi business matching melalui program EKSPLORASI di Jepang pada 26 November 2023 mendatang, Komunitas Sahabat UMKM berharap peluang produk Indonesia makin terbuka lebar bukan hanya di pasar Jepang, namun juga bisa diakui di negara-negara lainnya.

Produk-produk yang akan dibawa pada saat business matching nanti juga akan dipasarkan di jaringan milik ANC Japan sehingga harapannya semua produk yang dipromosikan mendapatkan kesempatan untuk diterima oleh konsumen Jepang.

Selain pihak ANC Japan, kegiatan EKSPLORASI Sahabat UMKM juga mendapatkan dukungan dari beberapa pihak, antara lain PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)