Gencar Sosialisasi, BEI Catat 3.711 Pembukaan Rekening Efek

Senin, 13 November 2017 - 14:34 WIB
Gencar Sosialisasi, BEI Catat 3.711 Pembukaan Rekening Efek
Gencar Sosialisasi, BEI Catat 3.711 Pembukaan Rekening Efek
A A A
BANDUNG - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pembukaan rekening efek sebanyak 3.711 account baru, setelah sosialisasi dilakukan secara besar-besaran di 26 kota di Indonesia. Executive Vice President Investor Development BII Erna Dewayani mengatakan, selama penyelenggaraan Indonesia Investment Festival (Investival) 2017, pihaknya mencatat ada pendaftaran ribuan account baru yang menanam saham di berbagai perusahaan efek.

"Total ada sekitar 3.711 account baru dengan nilai transaksi lebih dari Rp3,14 miliar. Padahal itu hanya trading pada Sabtu dan Minggu," jelas Erna di Atrium Paskal Shopping Center, Bandung, Senin (13/11/2017).

Menurut dia, penambahan rekening efek menunjukkan semakin banyaknya masyarakat yang menanam saham. Walaupun, keberhasilan itu setelah pihaknya bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perusahaan saham melakukan sosialisasi dan edukasi tentang saham.

BEI, lanjut dia, tidak menargetkan berapa jumlah account baru untuk Investival 2017. Namun pihaknya berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan investasi saham. Selain itu, menanam saham juga tidak perlu biaya mahal. Nominalnya tak jauh beda dengan menabung uang.

"Bahwa menanam saham itu caranya sangat mudah dan bisa dengan biaya murah. Seperti halnya menabung, setiap bulan kita bisa menyisihkan uang untuk saham. Nanti kita jadi pemilik dari saham itu," jelas dia.

Diakui dia, saat ini BEI mencatat ada sekitar 563 emiten saham. Dari sisi komposisi investor, saham di Indonesia tak lagi dipegang asing, di mana sekitar 50% saham telah dimiliki warga negara Indonesia. "Secara jumlah terus naik. Kondisi makro ekonomi bagus dan fundamental keuangan perusahaan baik, membuat mereka terbitkan foundingnya ke pasar modal," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9616 seconds (0.1#10.140)