Kapolri Yakin Malaysia, Australia, Singapura Tak Rajai Ekonomi Asia

Senin, 20 November 2017 - 14:48 WIB
Kapolri Yakin Malaysia, Australia, Singapura Tak Rajai Ekonomi Asia
Kapolri Yakin Malaysia, Australia, Singapura Tak Rajai Ekonomi Asia
A A A
JAKARTA - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menyebutkan bahwa Malaysia, Australia, Singapura tidak bisa menjadi negara yang dominan di bidang ekonomi Asia. Pasalnya menurut Tito, ketiga negera tersebut tidak memiliki keseluruhan tiga syarat untuk menguasai ekonomi yakni populasi besar, sumber daya alam melimpah dan wilayah luas.

(Baca Juga: Kapolri Tito Karnavian Buka Perdagangan Saham BEI
Khusus untuk Singapura, lebih lanjut Ia menerangkan, negara itu tidak punya angkatan kerja yang besar. Ditambah tidak memiliki wilayah luas serta sumber daya alam, sehingga hanya mengeruk kekayaan negara lain.

"Singapura enggak bisa dominan, enggak punya angkatan kerja besar, enggak punya sumber daya alam melimpah. Harus pikir kuasai sumber daya alam di Indonesia dan Malaysia," ujarnya di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Sementara itu Tito menjelaskan, Malaysia meski punya tenaga kerja besar dan kaya sumber daya alam, tapi enggak punya wilayah yang besar. Lalu, Australia punya wilayah yang luas dengan sumber daya alam banyak, namun kekurangannya yakni tidak memiliki jumlah tenaga kerja secara masif.

"Australia sulit, luas wilayah besar, sumber daya alam melimpah tapi enggak punya tenaga kerja masif. Nah Indonesia memiliki tiga persyaratan ini, China, India, Amerika Serikat, Rusia, Indonesia, Brasil, Afrika Selatan itu negara yang punya potensi negara dominan di bidang ekonomi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8733 seconds (0.1#10.140)