5 Bank Terbesar Israel yang Lahir dari Gerakan Zionis di Palestina

Sabtu, 25 November 2023 - 07:24 WIB
loading...
5 Bank Terbesar Israel yang Lahir dari Gerakan Zionis di Palestina
5 bank terbesar Israel yang lahir dari gerakan zionis di Palestina. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Perbankan Israel berakar dari gerakan Zionis di Palestina awal abad ke-20 sebelum berdirinya negara Israel pada 1948. Organisasi Zionis Dunia mendirikan Bank Anglo-Palestina pada 1903, yang saat ini berganti nama menjadi Bank Leumi.

Israel memiliki sistem perbankan yang modern dan canggih. Terdapat 5 bank komersil domestik besar dengan sejumlah bank kecil, yang beberapa di antaranya merupakan anak perusahaan dari bank-bank besar. Dua bank terbesar ialah Bank Hapoalim dan Bank Leumi, diikuti oleh Israel Discount Bank, Mizrahi Tefahot Bank dan First International Bank of Israel.



Saat ini terdapat lima bank asing dengan kegiatan komersil di Israel, di antaranya Citibank NA, HSBC Bank plc., Barclays Bank plc., BNP Paribas Israel dan State Bank of India. Selain itu, terdapat beberapa bank asing yang memiliki perwakilan di Israel: Bank Julius Baer & Co., Bank Lombard Odier & Co., Banque Pictet & Cia SA, BNP Paribas Israel, CBH Compagnie Bancaire Helvetique SA, Dreyfus Sons & Co., Hyposwiss Bank Swasta Geneve SA, JP Morgan Chase Bank NA, Silicon Valley Bank, dan Union Bancaire Privee.

Menurut survei tahunan Bank of Israel, sistem perbankan Israel terus menjaga stabilitas dan ketahanannya, serta tingkat likuiditas yang tinggi. Bank mengumpulkan keuntungan dari aktivitas bisnis dan telah menerapkan kebijakan untuk mencapai tingkat permodalan yang sesuai dengan profil risiko mereka. Berikut 5 bank terbesar di Israel.

1. Bank Leumi

Bank Leumi adalah salah satu dari beberapa perusahaan perbankan terbesar di Israel. Dengan market cap sebesar USD11,09 miliar atau sekitar Rp 171,78 triliun, Bank Leumi memegang peran penting dalam industri perbankan di negara ini. Mereka menawarkan berbagai layanan keuangan, mulai dari perbankan ritel hingga layanan perbankan korporat.

2. Bank Hapoalim

Bank Hapoalim adalah salah satu bank terbesar di Israel. Bank ini menawarkan berbagai layanan keuangan kepada nasabah ritel, korporasi, dan institusi, dengan fokus pada layanan perbankan ritel.

Hapoalim mengoperasikan jaringan lebih dari 250 cabang dan kantor di Israel dan luar negeri. Dengan market cap mencapai USD10,82 miliar atau sekitar Rp 167,6 triliun, Bank Hapoalim adalah institusi keuangan yang kuat di Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)