Anggaran Kemenkominfo Naik Sendirian di Kala Pandemi, Sri Mulyani Tagih Infrastruktur Digital

Selasa, 28 November 2023 - 12:23 WIB
loading...
Anggaran Kemenkominfo Naik Sendirian di Kala Pandemi, Sri Mulyani Tagih Infrastruktur Digital
Menkeu Sri Mulyani mengungkit bahwa Kemenkominfo menjadi lembaga pemerintah satu-satunya yang anggarannya naik di kala pandemi, sementara K/L lainnya mengalami pemangkasan anggaran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani menagih langsung atas janji pembangunan menara BTS 4G ke Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Budi Arie Setiadi. Pasalnya, janji ini sudah disebutkan oleh Kemenkominfo bahkan sejak pandemi COVID-19 berlangsung, jauh sebelum Budi Arie menjabat.

"Ini kan dulu Kominfo janjinya 75 ribu desa di Indonesia terkoneksi secara digital, Puskesmas 10 ribu terkoneksi digital, juga 240 ribu SD maupun madrasah semuanya terkoneksi digital, ya aku tagih saja Menkominfo sekarang," ujar Menkeu Sri Mulyani kepada Budi dalam Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta, Selasa (28/11/2023).



Merespons tagihan Sri Mulyani, Budi Arie hanya tersenyum. Menkeu Sri juga mengungkit bahwa Kemkominfo juga menjadi lembaga pemerintah satu-satunya yang anggarannya naik di kala pandemi, sementara Kementerian atau Lembaga (K/L) lainnya mengalami pemangkasan anggaran.

"Ini kan anggaran Kominfo naik untuk bangun satelit, fiber optic, BTS, dan kebutuhan lainnya, Mau beliau bilang 'bukan saya (menterinya saat itu)', tapi kan sekarang menterinya dia," tutur Sri.



Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga mengingatkan bahwa Indonesia harus terus mengembangkan infrastruktur digital sehingga seluruh daerah mendapatkan akses yang merata dan setara. Terlebih lagi, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan meningkat menjadi USD82 miliar di 2023 dan menembus angka jumbo USD360 miliar di 2030.

"Dengan adanya digitalisasi ekonomi, ini kita bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi RI. Banyak sekali opportunity di dalamnya, tapi juga kita dihadapkan dengan tantangan tentang policy dan regulasi yang tepat untuk mewujudkan potensi yang sedemikian tinggi itu," pungkas Sri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)