Inggris dan Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan Soal Brexit

Selasa, 05 Desember 2017 - 11:32 WIB
Inggris dan Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan Soal Brexit
Inggris dan Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan Soal Brexit
A A A
BRUSSELS - Inggris dan Uni Eropa (UE) telah gagal mencapai kesepakatan untuk maju ke tahap berikutnya dalam pembahasan negosiasi Brexit, seperti disampaikan oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May. Lebih lanjut Ia menyampaikan bakal kembali gelar pertemuan sebelum akhir pekan dan sangat percaya diri dapat menghasilkan efek positif.

Seperti dilansir BBC, Selasa (5/12/2017) pembicaraan kabarnya terhenti setelah Partai Demokrat Serikat menolak untuk menerima konsesi pada isu perbatasan Irlandia. Namun Downing Street mengatakan, hal itu tidak menjadi masalah yang luar biasa. Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengatakan, kesepakatan telah dilakukan, tapi Inggris muncul dan mengubah pikiran atas perbatasan Irlandia setelah mendapatkan tekanan dari DUP.

"Saya terkejut dan kecewa bahwa pemerintah Inggris sekarang tampaknya tidak berada dalam posisi untuk menyimpulkan yang disepakati sebelumnya hari ini," katanya kepada konferensi pers di Dublin.

Sementara Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan kedua belah pihak semestinya dapat mewujudkan hal tersebut pada pekan ini, setelah Inggris dan Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan penuh mengenai ketentuan Brexit. Juncker menyebut pembicaraan dengan May membahas tenggat waktu bagi Inggris untuk mengajukan penawaran yang lebih baik, demikian seperti dilansir AFP.

"Meski kami berupaya sebaik mungkin dan kami bersama tim kami melakukan kemajuan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir mengenai isu terakhir keluarnya (Inggris dari UE), masih belum memungkinkan mencapai kesepakatan penuh pada hari ini," ujar Juncker kepada awak media usai bertemu dengan PM Inggris Theresa May.

"Saya masih percaya bahwa kita dapat mencapai kemajuan sebelum Dewan Eropa 15 Desember. Hal ini tidak gagal, ini adalah awal dari putaran terakhir. Saya sangat yakin bahwa kita akan mencapai kesepakatan dalam minggu ini," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2105 seconds (0.1#10.140)