ARA 2022, Dorong Praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Rabu, 29 November 2023 - 08:46 WIB
loading...
ARA 2022, Dorong Praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik
ARA 2022 akan meningkatkan standar tata kelola perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Annual Report Award (ARA) 2022 dipastikan mendorong penerapan prinsip governance atau tata kelola perusahaan yang baik. Pasalnya, ada penilaian terhadap laporan tahunan perusahaan dan pemberian rekomendasi perbaikan terhadap perusahaan.



Ketua panitia pengarah ARA 2022, Mardiasmo, menjelaskan kriteria ARA didasarkan pada standard dan best practices di bidang corporate governance dan akuntansi, termasuk pedoman terbaru yang sesuai dengan perkembangan terkini.

“Penilaian dilakukan terhadap keterbukaan informasi laporan tahunan yang sesuai dengan ketentuan dan pedoman yang berlaku dan disajikan secara relevan dan wajar,” ujar Mardiasmo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/11/2023).

“Kegiatan ARA 2022 bertujuan untuk mendorong penerapan prinsip-prinsip governansi korporat perusahaan-perusahaan di Indonesia melalui keterbukaan informasi dan praktik- praktik governance,” lanjutnya.

Annual Report Award merupakan inisiatif PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Komite Nasional Kebijakan Governance, serta Ikatan Akuntan Indonesia.

Kegiatan ARA 2022 diikuti oleh 163 peserta, dibagi dalam sembilan kategori yang mencakup sektor perusahaan go public keuangan dan non keuangan, non go public keuangan dan non keuangan. Lalu, perusahaan BUMN keuangan dan non keuangan, perusahaan BUMD, perusahaan non BUMN, non BUMD keuangan, serta perusahaan non BUMN/non BUMD non keuangan.

Mardiasmo menyampaikan, ARA 2022 menggunakan kriteria yang telah selaras dengan SE OJK 16/2021 tentang Bentuk dan Isi Laporan Tahunan, termasuk lampiran SE OJK 16/2021 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Laporan Berkelanjutan, yang mengacu pada SE OJK 51/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan, dan mengakomodir Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia (PUGKI) 2021, serta ASEAN CG Scorecard.

“Uang dilakukan melalui penilaian terhadap laporan tahunan perusahaan dan pemberian rekomendasi perbaikan terhadap seluruh peserta ARA,” imbuhnya.

Diketahui, sejumlah emiten BEI meraih penghargaan ARA 2022, di antaranya PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang meraih juara umum pada penghargaan ARA 2022, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). Lalu, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) yang masing-masing meraih juara 1, 2, dan 3 pada kategori go public keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)