Jokowi Minta Petinggi BI, OJK, dan LPS Bertemu Menkeu Seminggu Sekali, Ada Apa?

Rabu, 29 November 2023 - 22:53 WIB
loading...
Jokowi Minta Petinggi BI, OJK, dan LPS Bertemu Menkeu Seminggu Sekali, Ada Apa?
Jokowi meminta para petinggi lembaga keuangan bertemu menkeu setiap minggu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meminta Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Otoritas Jasa Keungan (OJK), dan Lembaga Simpan Pinjam (LPS), untuk sering-sering bertemu dengan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Koordinator Perekonomian dan bertukar data terkait perkembangan ekonomi.



Jika dalam kondisi biasa hanya tiga bulan sekali, Jokowi kini meminta pertemuan tersebut sebisa mungkin diadakan seminggu sekali.

"Minimal seminggu sekali, atau dua minggu sekali ketemu untuk ngopi bareng-bareng kan gak ada masalah. Gak usah serius, tapi saling bertukar angka, bertukar kalkulasi, bertukar hitungan-hitungan," katanya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023).

Pasalnya kata Jokowi saat ini kondisi perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja, sehingga perlu ada respons yang lebih cepat dari biasanya.

"Misalnya untuk inflasi cek terus di lapangan. Selesaikan kalau ada masalah dengan cepat," katanya.

Selain itu, ia juga meminta para perbankan agar lebih hati-hati, namun juga agresif dalam menggenjot penyaluran kredit.



"Saya mengajak seluruh perbankan memang harus prudent. Harus hati-hati tapi tolong lebih didorong lagi kreditnya, terutama bagi UMKM agar sektor ril bisa keliatan lebih baik dari tahun yang lalu," tandas Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)