Tips MotionTrade: 3 Keuntungan Investasi Saham Defensif

Senin, 04 Desember 2023 - 15:42 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 3 Keuntungan Investasi Saham Defensif
MotionTrade merangkum tiga kelebihan saham defensif yang dapat diketahui. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Investor atau trader yang handal perlu mempelajari dan mengobservasi saham beserta dengan bisnis yang dijalankan oleh emiten tersebut. Dalam dunia saham, ada emiten yang dikelompokkan ke dalam kategori saham defensif. Saham ini merupakan saham dari emiten yang kinerjanya tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi kondisi ekonomi.



Dibandingkan saham di sektor lain, saham jenis ini juga biasanya rutin membagikan dividen tiap tahun terlepas dari kondisi ekonomi yang terpuruk, sehingga cocok dijadikan sebagai sarana untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Beberapa contoh saham defensif berasal adalah saham-saham dari sektor kebutuhan pokok, kesehatan, atau sektor keperluan primer (utilitas).

Agar investor semakin yakin untuk berinvestasi atau melakukan trading di saham sektor defensif, MotionTrade telah merangkum 3 (tiga) kelebihan saham defensif yang dapat diketahui, yaitu:

1. Pergerakan Harga Stabil
Saham yang masuk dalam kategori saham defensif cenderung memiliki pergerakan yang stabil. Bahkan ketika ekonomi sedang lesu, akan tetap ada permintaan pasar untuk produk-produk yang diproduksi atau jasa yang disediakan oleh perusahaan saham defensif. Adapun, waktu yang ideal untuk membeli saham defensif tersebut adalah selama penurunan ekonomi karena harganya akan lebih murah.

2. Rutin Membagi Dividen
Saham defensif biasanya akan memberikan dividen secara teratur. Jika dividennya Anda manfaatkan untuk diinvestasikan kembali, maka potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh di masa depan meningkat berkali-kali lipat (compounding effect).

3. Memberikan Rasa Aman
Karakteristik harga saham defensif yang cenderung stabil, dapat memberikan rasa aman bagi investor yang tidak ingin mengambil risiko besar, namun tetap memberikan potensi keuntungan jangka panjang. Selain itu, berinvestasi pada saham defensif dapat menjaga nilai portofolio saham Anda secara keseluruhan tetap stabil. Hal ini mencegah aksi panic selling ketika saham di sektor lain mengalami penurunan harga yang signifikan.

Baca Juga: Bahas Filantropi, Donasi Saham untuk Gaza di IG Live MNC Sekuritas Hari Ini

Pada aplikasi trading keluaran MNC Sekuritas yaitu MotionTrade, Anda dapat memantau pergerakan emiten yang masuk pada kategori saham defensif melalui fitur Stock Watch List. Anda juga dapat memodifikasi (menambahkan/mengurangi) emiten yang ingin dipantau sesuai dengan keinginan Anda.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)