Penghargaan ARA 2022 Jadi Bukti Nyata Perusahaan Terapkan Prinsip GCG

Senin, 04 Desember 2023 - 21:53 WIB
loading...
Penghargaan ARA 2022 Jadi Bukti Nyata Perusahaan Terapkan Prinsip GCG
ARA 2023 jadi ajang pembuktian perusahaan terapkan GCG. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) kembali menunjukan komitmen perusahaan dalam menjalankan transparansi bisnis sesuai prinsip good corporate governance ( GCG ) pada acara Annual Report Award (ARA) 2022. Pada penyelenggaraan ARA yang ke-18 pada tahun ini, Pupuk Kaltim berhasil dinobatkan sebagai juara kedua pada kategori Non Go Publik Non Keuangan.



Penganugerahan ARA telah diselenggarakan sejak 2002 dan merupakan sebuah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh tujuh instansi negara, yaitu Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan, Bursa Efek Indonesia, dan Komite Nasional Kebijakan Governance serta Ikatan Akuntan Indonesia.

“Kami sangat bangga atas penghargaan bergengsi ARA. Penghargaan ini mencerminkan upaya dan dedikasi kami dalam menjalankan praktik bisnis yang transparan dan bertanggung jawab. Bagi kami di Pupuk Kaltim, GCG bukan sekadar audit dan kewajiban terkait transparansi serta kontrol keuangan, melainkan merupakan alat bagi kami untuk mencapai tujuan bisnis di masa depan," kata Qomaruzzaman, Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim, dikutip Senin (4/12/2023).

Keberhasilan Pupuk Kaltim sebagai juara kedua dalam kategori Non Go Publik Non Keuangan menegaskan posisi Pupuk Kaltim sebagai pemimpin dalam praktik bisnis yang bertanggung jawab khususnya pada sektor industri pupuk dan petrokimia di Indonesia. Laporan keuangan Pupuk Kaltim yang transparan, ditambah dengan konsistensinya, mencerminkan kemajuan positif dalam kinerja operasional perusahaan sepanjang tahun.

Setelah berhasil mencatatkan akumulasi pendapatan bersih sebesar Rp14,59 triliun dan membagikan dividen sebesar Rp5,2 triliun sepanjang tahun 2022, Pupuk Kaltim dengan konsisten memastikan implementasi prinsip GCG dalam setiap kegiatan bisnisnya, serta membangun hubungan yang seimbang dan terkontrol dalam struktur organisasi perusahaannya.



“Kami akan terus menerapkan berbagai inisiatif GCG sejalan dengan tekad kami untuk menjadi top leader industri petrokimia di kawasan Asia Tenggara," tutup Qomaruzzaman.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)