Rakernas MTI Cermati Agenda Transportasi Capres-Cawapres

Rabu, 06 Desember 2023 - 08:13 WIB
loading...
Rakernas MTI Cermati Agenda Transportasi Capres-Cawapres
Sektor transportasi butuh visi mis para pemimpin yang akan datang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia ( MTI ) menggelar rakernas pada 6-7 Desember 2023 bertempat di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Jakarta. Rakernas ini dihadiri seluruh pengurus MTI se-Indonesia, serta stakeholder.



Rakernas ini merupakan ikhtiar MTI membangun dan memperkuat jalannya organisasi, menghidupkan kesadaran regenerasi organisasi secara sehat dan mengoptimalkan peran MTI dalam mendukung pembangunan transportasi ke depan. Ajang ini juga merupakan kerja seluruh pengurus MTI, baik pusat maupun wilayah di 21 provinsi, sebagai jalan pembuka sinergi mewarnai kemajuan transportasi Indonesia.

Salah satu agenda pada hari pertama rakernas adalah menghadirkan capres-cawapres untuk menyampaikan program dan gagasan transportasi Indonesia ke depan agar transportasi kita lebih baik, dan transportasi bisa menjadi urat nadi perekonomian bangsa dan negara. Undangan secara resmi telah disampaikan dan diterima ketiga pasangan capres-cawapres.

Ketua Umum MTI Tory Damantoro mengatakan dihadirkannya capres-cawapres dalam rakernas MTI adalah untuk memastikan agar isu transportasi darat, laut, udara, kereta api, penyeberangan, angkutan perairan pedalaman, logistik, transportasi tidak bermotor dan berkelanjutan menjadi isu penting dan menjadi perhatian serius dalam kebijakan seluruh calon pemimpin bangsa. MTI ingin memastikan adanya kesadaran bahwa isu transportasi adalah isu yang berkaitan erat dengan keberhasilan program-program kerja pembangunan apa pun bentuknya.

"Transportasi adalah fasilitator dan enabler bagi pemenuhan seluruh kebutuhan masyarakat baik ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, dll," jelas Tory, dikutip Rabu (6/12/2023).

Ditambahkan bahwa pembangunan transportasi ke depan tidak dapat terbendung lagi. Catatan utama MTI adalah menciptakan sistem transportasi yang dibangun dapat secara nyata menjadi penghubung kegiatan dan kehidupan bangsa baik melalui optimalisasi kemanfaatan ekonomi, pemerataan kesejahteraan sosial, dan mendukung komitmen pembangunan lingkungan yang lestari dan berkelanjutan.

"Pembangunan transportasi ke depan harus memberi dampak positif baik jangka pendek maupun jangka panjang,” ujar Tory.

Memanfaatkan hajatan demokasi pemilu 5 (lima) tahunan, MTI mengundang tiga pasangan calon capres-cawapres dan seluruh asosiasi dan organisasi sektor transportasi yang menjadi mitra MTI, untuk bersama sama membahas visi dan rencana kebijakan transportasi Indonesia ke depan.



"Hasil rakernas akan dituangkan dalam masukan kebijakan transportasi MTI untuk RPJMN 2025-2029 dan RPJPN untuk 20 tahun ke depan," pungkas Tory.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)