Penyaluran Kredit UMKM Capai Rp1.600 triliun, 83 Persen Disumbang BRI

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:47 WIB
loading...
Penyaluran Kredit UMKM Capai Rp1.600 triliun, 83 Persen Disumbang BRI
Pemerintah terus dorong penyaluran kredit UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong anggota Perhimpunan Bank Negara ( Himbara ) untuk bisa meningkatkan akses pembiayaan ke UMKM. Erick membeberkan, sampai September 2023, dari pembiayaan yang sudah disalurkan Rp1.600 triliun ke UMKM, 83% berasal dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).



"Dapat Kami laporkan bahwa kami terus di BUMN dan Himbara pada hari ini sudah melakukan dorongan kepada 30 juta pelaku UMKM kepada yang sudah masuk kepada sistem digital, melalui akses kekayaan bank-bank BUMN di Himbara, sampai hari ini sudah memberikan hampir Rp1.600 triliun, sampai September 2023," kata Erick dalam sambutannya di pembukaan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Kamis (7/12/2023).

"Dan tentunya kebetulan ini bukan promosi BRI saja, kebetulan 83% itu BRI tapi kita juga berharap dan mendorong (anggota) Himbara lainnya untuk bisa meningkatkan (kredit UMKM)," imbuhnya.

Erick mengungkapkan berbagai program yang telah diterapkan oleh BRI, termasuk program pemberdayaan seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 telah terbukti sukses dalam memutar perekonomian secara keseluruhan.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa dorongan Presiden untuk membentuk ekosistem bagi UMKM, baik dari sisi pendanaan, akses pasar dan pendampingan, telah dilakukan oleh BRI sebagai perusahaan BUMN.

"UMKM adalah prioritas pertumbuhan ekonomi nasional, dan BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar diharapkan terus bergerak menciptakan ekosistem bagi pelaku UMKM dengan tujuan utama ekonomi tumbuh," ujar Erick.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan bahwa UMKM merupakan penopang ekonomi nasional.

“61% PDB nasional disumbang oleh UMKM dan 97% tenaga kerja di Indonesia diserap oleh UMKM. Oleh karenanya saya menghargai dan mengapresiasi event ini, karena produk yang ditampilkan dikurasi sangat baik. Kemasan dan branding serta yang paling penting BRI mempertemukan UMKM dengan para buyer," kata Jokowi.



Presiden juga memberikan penekanan bahwa UMKM harus naik kelas go digital, go internasional. “UMKM harus mampu menguasasi pasar lokal namun tidak melupakan pasar global,” tegas Presiden Joko Widodo.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)