Air Asia Tutup Rute Penerbangan Solo-Kuala Lumpur

Senin, 08 Januari 2018 - 11:12 WIB
Air Asia Tutup Rute Penerbangan Solo-Kuala Lumpur
Air Asia Tutup Rute Penerbangan Solo-Kuala Lumpur
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan asal Malaysia Air Asia akan menutup rute Solo-Kuala Lumpur, Malaysia, pada pertengahan Januari 2018.

”Tepatnya mulai 16 Januari 2018, kami akan menutup penerbangan tiga kali seminggu rute Solo-Kuala Lumpur. Penutupan rute itu sehubungan dengan alasan komersial,” kata Head of Commercial Air Asia Berhad Spencer Lee pada akhir pekan lalu.

Meski tidak menjelaskan secara rinci alasan penutupan rute itu, saat ini pihaknya menyampaikan langsung rencana penutupan rute itu kepada calon penumpang, baik melalui e-mail maupun SMS sesuai dengan detail akun yang terdaftar saat pembelian tiket.

”Pada prinsipnya, kami memutuskan menutup rute itu setelah melalui pertimbangan panjang. Meski demikian, kami tetap berkomitmen menambah jumlah penerbangan ke Indonesia pada tahun ini,” katanya.

Dia mengatakan, untuk penumpang yang terdampak penghentian rute tersebut akan disediakan pilihan layanan kompensasi. Pilihan itu diantaranya mengubah jadwal sebelum rute itu ditutup, mengubah rute dari Semarang atau Yogyakarta, di sediakan akun kredit di Air Asia, dan pengembalian dana secara penuh.

Sementara itu, Manajer Departemen Pelayanan dan Operasi Bandara PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto mengatakan, sudah mengetahui informasi terkait rencana Air Asia menutup rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur tersebut. Meski demikian, dia mengatakan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak maskapai penerbangan tersebut.

”Kami tidak tahu masalahnya apa. Padahal dari data yang kami terima, rata-rata keterisian penumpang pada rute tersebut lumayan tinggi, bahkan sekitar 70 persen,” katanya. (Ant/Hatim Varabi)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5373 seconds (0.1#10.140)