Bulog Siap Salurkan 142 Ribu Ton Bansos Rastra Bulan Ini

Selasa, 16 Januari 2018 - 18:29 WIB
Bulog Siap Salurkan 142 Ribu Ton Bansos Rastra Bulan Ini
Bulog Siap Salurkan 142 Ribu Ton Bansos Rastra Bulan Ini
A A A
JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial rastra (bansos rastra) mulai tahun ini. Rencananya, pada Januari 2018 Bulog akan menyalurkan sekitar 142 ribu ton bansos rastra kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

(Baca Juga: Penerima BPNT Akan Ditambah, Darmin Ingin 1,2 Juta Keluarga Beres
Adapun bansos rastra tersebut merupakan perubahan mekanisme dari subsidi beras sejahtera (rastra) yang sebelumnya disalurkan pemerintah. Mulai tahun ini, subsidi rastra telah berubah menjadi bansos rastra.

Direktur Operasional Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso mengungkapkan, bansos rastra akan didistribusikan untuk 14,2 juta KPM. Setidaknya, ada 54 ribu titik yang akan menerima bansos beras dari pemerintah tersebut.

"Bansos diminta Bulog untuk melakukan kegiatan penyediaan dan penyaluran beras Bansos kepada titik distribusi untuk 14,2 juta KPM atau rata-rata Januari ini disalurkan kurang lebih 142 ribu ton kepada keluarga penerima manfaat. Itu ada kurang lebih 54 ribu titik yang akan disalurkan. Jadi penyaluran Bulog sampai pada titik distribusi," katanya usai menghadiri rakor bansos pangan di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Nantinya, penyaluran bansos rastra akan diawasi oleh tim koordinasi dan tim pengendali di bawah koordinasi Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Bulog sendiri tuasnya hanya menyalurkan hingga ke titik yang ditentukan.

"Pengawasan disitu nanti banyak, ada tim koordinasi dan tim pengendali di bawah koordinasi Kementerian PMK. Kami di Bulog tugasnya hanya siapkan barang, distribusikan sampai ke titik dan secara umum berasam tim tadi melakukan monitoring," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7264 seconds (0.1#10.140)