Penerima BPNT Akan Ditambah, Darmin Ingin 1,2 Juta Keluarga Beres

Selasa, 16 Januari 2018 - 16:09 WIB
Penerima BPNT Akan Ditambah, Darmin Ingin 1,2 Juta Keluarga Beres
Penerima BPNT Akan Ditambah, Darmin Ingin 1,2 Juta Keluarga Beres
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana menambah jumlah keluarga penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) pada tahun ini. Padahal, 1,2 juta keluarga yang menjadi penerima BPNT pada tahun lalu pun belum beres seluruhnya.

(Baca Juga: Puan Undang Dua Menteri hingga Bankir Bahas Bansos Pangan
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mewanti-wanti agar pemerintah membereskan terlebih dahulu penerima BPNT tahun lalu. Setelah 1,2 juta keluarga tersebut dipastikan telah menerima bantuan tersebut, baru pemerintah menambah lagi jumlahnya.

"Tahun 2017 yang lalu pemerintah itu kan sudah melaksanakan bantuan pangan nontunai sebesar 1,2 juta orang di perkotaan. Nah, Presiden itu memang meminta supaya itu beres dulu baru boleh ditambah," katanya usai menghadiri Rakor Bansos Pangan di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Namun demikian, kata mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, pemerintah tetap akan menjalankan rencana penambahan jumlah penerima bantuan tersebut pada Februari 2018 nanti.

"Dia lebih bebas kalau dapat kartu, dia bisa belanja di warung yang paling dekat dengan dia. Tentu saja nanti kartunya harus bisa dibaca sama alatnya. Sehingga dia bisa beli bukan hanya beras, tapi juga telur atau apa," imbuh dia.

Rencananya, pemerintah akan menggelar rapat koordinasi kembali dua pekan setelah bantuan nontunai untuk periode Januari 2018 dibagikan. Untuk diketahui, BPNT dibagikan per tanggal 25 setiap bulannya.

"Kapan itu (1,2 juta penerima) bisa diketahui benar-benar sudash beres? Memang masih akan ada rapat setelah pengiriman tanggal 25 Januari, mungkin dua minggu setelah itu akan ada rapat beres atau nggak," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7883 seconds (0.1#10.140)