Tunjukkan Tren Positif, Erick Thohir Dorong Terus Sektor Parekraf

Selasa, 12 Desember 2023 - 15:47 WIB
loading...
Tunjukkan Tren Positif, Erick Thohir Dorong Terus Sektor Parekraf
Menko Marves Ad Interim Erick Thohir memberikan sambutan secara virtual pada Rakornas Parekraf Tahun 2023 yang berlangsung di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung. Foto/MPI
A A A
BANDUNG - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mendorong target sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ( parekraf ) di tahun 2024 yang akan berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 4,5% dan menciptakan 22,8 juta lapangan pekerjaan .



Hal itu disampaikan Menko Marves Ad Interim Erick Thohir dalam sambutannya secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) Tahun 2023 yang berlangsung di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (12/12/2023).

"Tentu ini yang seharusnya kita bisa terus dorong bersama seperti yang dilakukan negara-negara seperti Arab Saudi, Qatar ataupun UAE. Mereka negara yang kaya dengan minyak dan gas namun saat ini terus tengah mengembangkan ekosistem pariwisata secara masif karena terbukti dapat membawa dampak ekonomi yang sangat amat besar dan juga pembukaan lapangan pekerjaan," kata Erick.

Erick mengatakan, pascapandemi Covid-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sedang berjuang dalam masa pemulihan. Bukan hanya Indonesia, hal ini juga dirasakan oleh negara lain di seluruh dunia.

"Sepanjang tahun 2022 sektor pariwisata berhasil menyumbang Rp705 triliun namun angka ini masih lebih kecil kalau kita dibandingkan kontribusi sektor lain seperti pertambangan yang mencapai Rp2.393 triliun," ungkapnya.

Berdasarkan outlook pascapandemi Covid-19, kata Erick, kondisi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus menunjukan tren positif. Karena itu, Indonesia harus menyiapkan strategi agar sektor parekraf ini terus tumbuh.

Erick juga mendorong untuk mengoptimalkan strategi dalam menggaet turis mancanagera untuk berwisata ke Indonesia.

"Misalnya lebih berfokus pada turis internasional yang masuk kategori sebagai highspender, negara Uni Eropa seperti Prancis, Belgia, Swiss dan lain lainnya termasuk Amerika dan tentu dapat membawa efek domino ekonomi yang lebih besar terhadap Indonesia," katanya.

Bersama dengan Kemenparekraf, kata Erick, pihaknya berkomitmen untuk bersama-sama mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas dan beberapa wilayah lain dengan mendorong penguatan kinerja pariwisata 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)