Lewat Webinar Nasional, Pertamina Buka Peluang UMKM Go Global

Sabtu, 16 Desember 2023 - 22:54 WIB
loading...
Lewat Webinar Nasional, Pertamina Buka Peluang UMKM Go Global
Pertamina menggelar webinar nasional UMKM Rumah BUMN bertajuk Bisnis Kreatif Peluang Pasar Global pada Jumat (15/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menggelar webinar nasional UMKM Rumah BUMN bertajuk 'Bisnis Kreatif Peluang Pasar Global' pada Jumat (15/12/2023), yang diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari fasilitator, asisten fasilitator, dan UMKM binaan dari 30 Rumah BUMN Pertamina di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan nyata untuk mendorong komunitas UMKM binaan menjadi tangguh dan mampu menciptakan peluang usaha berskala global.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya memberikan dorongan kepada UMKM Indonesia agar terus meningkatkan kualitas dan kapasitas produk yang dihasilkan, dan juga harus memperhatikan sertifikasi yang diperlukan sehingga produknya bisa dipercaya dan memenuhi syarat masuk ke negara tujuan ekspor.

"Sebagai bukti Pemerintah terus mendorong UMKM, di tahun 2024 berencana menyelenggarakan Bazar UMKM untuk Indonesia yang tidak hanya di selenggarakan di Jakarta saja, tetapi akan di selenggarakan di daerah lain seperti Medan, Makasar, Bandung, Balikpapan, Surabaya, Labuan Bajo, dan Jayapura. Di bulan April 2024, akan di adakan Fashion Fest UMKM, harapannya tentu agar peluang produk lokal menembus global dapat tercapai,” ungkapnya.



Sementara, VP CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan capaian di tahun 2023 antara lain telah memfasilitasi jalur pasok PaDi UMKM dimana tahun ini terdapat peningkatan dari 1.700 UMKM menjadi 2.749 UMKM, serta terdapat 618 UMKM yang sudah tembus pasar global.

Capaian lain diantaranya telah dilaksanakan 8.466 sertifikasi dan perizinan UMKM serta 262 klinik bisnis. "Kinerja 30 Rumah BUMN Pertamina tahun 2023 juga terlihat dengan peningkatan kelas 22 ribu UMKM dan berdampak positif pada nilai transaksi pameran yang mencapai lebih dari Rp5 miliar," ujarnya.

Di Rumah BUMN, pelaku usaha memiliki kesempatan untuk belajar dan berbagi informasi serta pengalaman dengan narasumber, yang mencakup aspek legalitas, perijinan, teknologi, keuangan, hingga pemasaran. Dukungan bukan hanya mencakup aspek teknis bisnis, tetapi juga membentuk fondasi yang kokoh dalam mewujudkan keberlanjutan ekonomi.

Sementara Iwan Pramana, Professional Coach & Penulis Buku Auto Kreatif yang juga salah satu narasumber menjelaskan, menurutnya menjadi pengusaha kreatif tidaklah sulit, cukup mempunyai motivasi yang kuat, mempunyai keahlian dibidangnya, dan mempunyai kemampuan berpikir kreatif. “Salah satu cara untuk menjadikan kita berfikir kreatif adalah menggunakan SCAMPER, yakni metode kreatif yang dijalankan dengan bertanya sesuai dengan huruf-huruf penyusunnya. Subtitute, combine, adapt, modify, put to another use, eliminate dan rearrange,” ujarnya.

Sejalan dengan pengalaman dari Amelia Agustin, pemilik Indang Apang Gallery, sejak awal dirinya mengutamakan kreatifitas dan inovasi, dengan menjadikan rotan sebagai identitas produknya. Usaha tidak menghianati hasil, usaha yang dijalankan Amelia dengan penuh kecintaan dan ketulusan mengantarkan tas dan kerajinan rotan miliknya tidak hanya diminati oleh konsumen dalam negeri saja, tapi juga menembus pasar Chili dan Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)