Profil Singkat Kuntoro Mangkusubroto, Mantan Menteri Pertambangan dan Energi serta Dirut PLN

Minggu, 17 Desember 2023 - 08:22 WIB
loading...
Profil Singkat Kuntoro Mangkusubroto, Mantan Menteri Pertambangan dan Energi serta Dirut PLN
Wafat di usia 76 tahun pada hari ini, Minggu, 17 Desember 2023, nama Kuntoro Mangkusubroto bin Pitoyo Mangkusubroto bukanlah sosok yang asing bagi dunia energi di Tanah Air. Foto/Dok Opengovpartnership
A A A
JAKARTA - Wafat diusia 76 tahun pada hari ini, Minggu, 17 Desember 2023, nama Kuntoro Mangkusubrotobin Pitoyo Mangkusubroto bukanlah sosok yang asing bagi dunia energi di Tanah Air.Kuntoro adalah Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia pada periode 1998-1999 di era Soeharto.



Ia juga pernah menjadi Direktur Utama atau Dirut PT PLN , Persero pada 2000-2001. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Stanford University, Amerika Serikat, itu tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias. Badan itu bertugas memulihkan kawasan Aceh dan Nias pascatsunami pada 26 Desember 2004.

Kuntoro juga pernah menjabat sebagai kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Indonesia (UKP4) di era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menjadi sosok yang tidak asing lagi dalam industri energi di Tanah Air.

Seperti diketahui, pria kelahiran Purwokerto, 14 Maret 1947 ini juga sempat mengisi sebagai direktur utama BUMN tambang PT Bukit Asam Tbk (PTBA) , PT Tambang Timah, dan PLN.

SebelumnyaKuntoro juga pernah diangkat menjadi komisaris utama PLN oleh Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menggantikan Chandra M Hamzah yang diberhentikan. Ia diangkat setelah sebelumnya melalui hasil penilaian Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada November 2015.

Pria berkacamata ini menyelesaikan pendidikan sarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1972. Lalu dia memeroleh gelar Master di Stanford University pada tahun 1977. Lima Tahun kemudian, Kuntoro meraihgelar doktor dari ITB.

Rencananya, almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan Kesemek Blok S Nomor 2 Kompleks Kalibata Indah, Jakarta Selatan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)