Kucuran Dividen Tembus Rp81,5 Triliun, BUMN Diyakini Punya Banyak Ruang Kerek Kontribusi

Minggu, 17 Desember 2023 - 10:26 WIB
loading...
Kucuran Dividen Tembus Rp81,5 Triliun, BUMN Diyakini Punya Banyak Ruang Kerek Kontribusi
Kontribusi besar Badan Usaha Milik Negara atau BUMN terhadap negara, dinilai sebagai hasil dari beberapa upaya restrukturisasi pelat merah yang sudah dijalankan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kontribusi besar Badan Usaha Milik Negara atau BUMN terhadap negara, dinilai sebagai hasil dari beberapa upaya restrukturisasi pelat merah yang sudah dijalankan. Tercatat, pendapatan negara bukan pajak jenis kekayaan negara dipisahkan (PNBP KND) yang berasal dari setoran dividen BUMN per 12 Desember 2023 mencapai Rp81,5 triliun.

"Ini tentu tidak lepas dari kemampuan BUMN menciptakan laba konsolidasi di atas Rp300 triliun pada 2022," ujar Associate Director BUMN Research Group LM (Lembaga Management) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI), Toto Pranoto di Jakarta, Sabtu (16/12/2023).



Menurutnya BUMN masih memiliki banyak ruang dan potensi besar dalam meningkatkan kontribusi. Toto mengatakan, hal ini dapat membuat semakin banyak BUMN yang berkontribusi terhadap dividen ke negara.



Pasalnya, capaian apik BUMN masih dalam kondisi pareto BIMN yang mana pencapaian laba 2022 karena masih dominannya sumbangan dari kelompok blue chips BUMN seperti Himbara, Pertamina, SIG dan Mind ID.

Toto menyampaikan profit BUMN pada 2022 juga masih didorong adanya wind fall profit akibat kondisi eksternal yang mana harga komoditas sangat meningkat. "Perlu dicermati sampai seberapa jauh kondisi ini akan bertahan untuk menjamin tingkat profit BUMN di sektor ini," tutup Toto.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)