PUPR Siapkan 6 Proyek KPBU Senilai Rp50,6 Triliun, Tol Puncak Persiapan Lelang

Senin, 18 Desember 2023 - 11:58 WIB
loading...
PUPR Siapkan 6 Proyek KPBU Senilai Rp50,6 Triliun, Tol Puncak Persiapan Lelang
Kementerian PUPR menyiapkan 6 proyek kerjasama pemerintah badan usaha di 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) tengah menyiapkan 6 proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) senilai Rp50,06 triliun pada tahun 2024. Terdiri dari poryek solicited atau pemrakarsa pemerintah dan unsolicited alias prakarsa badan usaha.

Direktur Jendral Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna menjelaskan pada tahun depan setidaknya ada 2 proyek KPBU yang diprakarsai oleh pemerintah, kemudian ada 4 proyek KPBU dengan melalui skema unsolicited.

"Ada beberapa yang sedang masuk tahap penyiapan, itu bergulir, jadi penyiapan, transaksi," ujar Herry, dikutip dari pernyataannya, Senin (18/12/2023).



Adapun 2 proyek KPBU solicited yang siap dilelang pada tahun 2024 adalah 2 proyek jalan tol dalam proses prakarsa pemerintah, yaitu jalan tol Malang Kepanjen, dan Jalan tol Bandung Infra Urban dengan total nilai investasi Rp22,63 triliun.

Kedua poryek tersebut sepanjang 47,88 km ditargetkan masuk dalam tahap lelang pada kuartal IV tahun 2024. Diharapkan kehadiran proyek tersebut dapat mendukung konektivitas kota Bandung dan Malang serta daerah sekitarnya.

Kemudian ada 4 proyek KPBU unsolicited yang juga ditargetkan masuk dalam tahap lelang pada kurtal IV 2024 dengan total nilai investasi Rp27,43 triliun sepanjang 63,81 km. Adapun 4 proyek jalan tol yang dalam proses prakarsa badan usaha yaitu, Jalan Tol Kohad (Pakuhaji) - Lebakwangi (Neglasari), Jalan Tol Pluit - Bandara (bagian dari Tomang - Pluit - Bandara), jalan tol Akses Patimban Extend (Sadang-Subang).



Di samping itu jalan tol puncak, Tol Caringin - Cisarua (bagian dari jalan tol Caringin - Cianjur) juga masuk dalam penyiapan lelang untuk tahun depan. Kehadiran ruas-ruas baru tersebut diharapkan mampu mendukung konektivitas di Kabupaten Tangerang, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)