Simak 3 Tips Atur Keuangan Keluarga

Rabu, 20 Desember 2023 - 13:53 WIB
loading...
Simak 3 Tips Atur Keuangan Keluarga
Nah, buat Anda yang masih bingung, berikut 3 tips yang diperlukan dalam mengelola dan mengatur keuangan keluarga dengan bijak. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Keuangan keluarga merupakan aspek penting yang dapat memengaruhi kesejahteraan keluarga secara keseluruhan. Bagaimana kita mengelola uang dapat menentukan apakah kita mampu memenuhi kebutuhan dasar keluarga, mencapai tujuan keuangan, atau bahkan menghadapi keadaan darurat. Nah, buat Anda yang masih bingung, berikut 3 tips yang diperlukan dalam mengelola dan mengatur keuangan keluarga dengan bijak:

1. Tentukan Tujuan Keuangan Keluarga

Merencanakan tujuan keuangan keluarga adalah hal yang cukup penting untuk mencapai tujuan keuangan. Tujuan keuangan dapat diklasifikasikan menjadi jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Misalnya, Anda memiliki tujuan untuk biaya pendidikan anak, liburan, membeli rumah, atau persiapan dana pensiun.

2. Hindari Utang Konsumtif

Utang itu ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi, ia bisa menjadi alat untuk meraih mimpi dan kemajuan. Di sisi lain, salah langkah dalam mengelola pinjaman bisa berujung pada bencana finansial. Sebaiknya, pengajuan pinjaman utang dapat dilakukan untuk hal-hal yang produktif seperti membangun usaha, investasi pendidikan, hingga membeli kebutuhan primer seperti rumah.

3. Mempersiapkan Tabungan atau Investasi

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan atau investasi adalah keputusan sangat bijak yang perlu dilakukan oleh setiap keluarga. Tabungan dapat berfungsi sebagai cadangan dana darurat yang dapat digunakan untuk menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti biaya kesehatan atau kehilangan pekerjaan.



Terkait hal tersebut, Presiden Direktur MNC Bank , Rita Montagna menyampaikan, “Menabung tentu dapat membantu keluarga mencapai tujuan keuangan mereka, seperti membeli rumah, kendaraan, atau biaya pendidikan anak. Untuk itu, MNC Bank memiliki program Tabungan Dahsyat Bundling dan Tabungan Dahsyat Berhadiah yang dapat dipertimbangkan dalam membantu merealisasikan tujuan tersebut”.

Dijelaskannya, Tabungan Dahsyat Bundling adalah salah satu loyalty program dari MNC Bank yang memiliki manfaat dalam memberikan cashback menguntungkan. Caranya juga mudah, sebagai contoh nasabah melakukan penempatan dana deposito dan tabungan masing sebesar Rp70 juta dan Rp280 juta selama 3 bulan.



Setelah itu, nasabah berhak mendapatkan cashback sebesar Rp2,59 juta, cashback tersebut belum termasuk bunga simpanan yang juga didapatkan nasabah. Jika dihitung-hitung, tentu lebih besar dari sekedar menabung secara umum.

Selain itu, MNC Bank juga memiliki program Tabungan Dahsyat Berhadiah yang dapat dipergunakan oleh nasabah untuk memiliki hadiah dengan nominal tertentu, sesuai dengan tiering penempatan dananya di MNC Bank.

Contoh saja, nasabah yang ingin memiliki hadiah dengan nilai Rp5 juta, cukup menempatkan dana sebesar Rp50 juta selama 36 bulan. Bukan hanya itu, skema menabungnya juga dapat disesuaikan dengan keinginan nasabah, apakah ingin skema setoran sekali di awal, atau setoran di awal dan dilanjutkan dengan setoran bulanan.

“Dengan berbagai program tersebut, kami berharap nasabah dapat meraih stabilitas finansial hingga menciptakan kehidupan finansial keluarga yang lebih baik. Pesan saya, selalu lakukan evaluasi dan sesuaikan rencana keuangan secara berkala agar tetap relevan dengan perubahan situasi dan kebutuhan keluarga," tutup Rita.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC

#MNCGroup #MNCBank #MotionBank #PerbankanDigital
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)