Menhub Klaim Whoosh Sama Populernya dengan Shinkansen Jepang

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:10 WIB
loading...
Menhub Klaim Whoosh Sama Populernya dengan Shinkansen Jepang
Kemenhub menyebutkan Whoosh sama populernya dengan kereta cepat Shinkansen Jepang. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa kereta cepat Whoosh kini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luar negeri, di antaranya yakni masyarakat Singapura, Thailand, Malaysia. Menhub menngklaim kini Whoosh sudah setara dengan proyek kereta cepat asal Jepang yakni Shinkansen.

"Mereka tanya Whooshnya gimana? Jadi kini Whoosh sama populernya dengan Shinkansen," katanya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Perhubungan, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: KA Feeder Whoosh Alami Kecelakaan, KCIC Alihkan Jadwal Penumpang

Menhub menegaskan bahwa dengan terbukti whoosh populer di masyarakat luar negeri, maka Menhub mengatakan jenama whoosh tersebut bagus. "Jadi tidak ada satupun yang mengatakan Whoosh ini jelak," katanya.

Adapun sebelumnya, Menhub juga mengatakan bahwa kini Whoosh menjadi destinasi baru bagi warga negera Malaysia.

"Sekarang itu orang Malaysia kalo ke Bandung itu destinasi wisatanya adalah Whoosh," kata Menhub dikutip dari video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Jumat (16/11/2023).



Sebagai informasi, Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023). Peresmian tersebut juga sekaligus menetapkan branding Whoosh pada Kereta Cepat.

"Kereta cepat Jakarta Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam, dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh, W, o, o, s, h, di baca whoosh," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa nama Whoosh terinspirasi dari suara kecepatan dan memiliki singkatan Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat (Whoosh). "Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari Waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Sekali lagi W, h, o, o , s h, tapi bacanya wus," ungkapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)