Keandalan Pos Indonesia dalam Penyaluran Bantuan CBP

Senin, 25 Desember 2023 - 17:07 WIB
loading...
Keandalan Pos Indonesia dalam Penyaluran Bantuan CBP
Pos Indonesia (Persero) menjadi mitra pemerintah dalam penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima bantuan pangan (PBP). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) menjadi mitra pemerintah dalam penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima bantuan pangan (PBP). Bantuan CBP telah disalurkan pada sejumlah daerah, di antaranya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 4 Desember 2023 dan Kota Kupang, NTT pada 6 Desember 2023.



Pada penyaluran bantuan CBP di Labuan Bajo, Bulog Capem Labuan Bajo bersama Pos Indonesia KC Komodo menyalurkan sebanyak 1.027 PBP yang berasal dari empat desa/kelurahan di Kecamatan Komodo, yaitu Desa Batu Cermin, Kelurahan Wae Kelabu, Kelurahan Labuan Bajo dan Desa Gorontalo.

Total alokasi PBP Desember 2023 di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 41.528 PBP, atau sebanyak 415,28 ton beras ukuran 10 kg yang tersebar di 12 kecamatan. Selama tahun 2023, Bulog dan Pos Indonesia telah menyalurkan sebanyak 2.319,2 ton beras kepada 231.921 PBP yang pendropingan dilakukan di masing-masing desa.



Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bantuan pangan telah disalurkan oleh pemerintah sejak Maret 2023 dan akan terus disalurkan kepada PBP hingga Maret 2024. “Jadi nanti bulan Januari, Februari, Maret (2024) diberikan lagi, ya,” ucap Presiden.

Bantuan CBP Tahap 1 Pos Indoneisa sudah menyalurkan kepada 13.288.607 PBP dan saat ini sudah 100% tersalurkan. Adapun provinsi yang masuk dalam daftar penyaluran bantuan CBP Tahap 1 adalah Banten, DKI Jakarta, NTT, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Jawa Timur, Papua, Papua Barat, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Riau Kepri, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara.

Dan untuk Tahap 2 ada sebanyak 8.556.991 penerima meliputi daerah Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan tengah. Sumatera utara, Aceh, Maluku Utara, Riau, Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sampai saat ini pendistribusian bantuan CBP tahap 2 sudah mencapai 99% dan akan tuntas sampai dengan akhir Desember ini.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun mengatakan, Pos Indonesia mendistribusikan bantuan di Labuan Bajo kepada 1.027 penerima bantuan pangan (PBP) yang tersebar di empat desa dan kelurahan.

Rinciannya 202 PBP di Desa Batu Cermin, 338 PBP di Desa Gorontalo, 252 BPB di Kelurahan Labuan Bajo, dan di Kelurahan Wae Kelambu sebanyak 235 PBP. “Setiap penerima bantuan pangan akan mendapatkan beras sebanyak 10 kg yang diberikan langsung berdasarkan nama keluarga penerima manfaat,” kata Tonggo Marbun.

Strategi Penyaluran

Dalam penyaluran bantuan tersebut pemerintah melalui Badan Pangan Nasional dan Bulog menggandeng Pos Indonesia karena sudah terbukti mampu menyalurkan bantuan dengan cepat, tepat, dan akuntabel. Dengan ketersediaan cabang Kantorpos di lebih dari 4.800 lokasi se-Indonesia, Pos Indonesia mampu menyalurkan bantuan hingga ke pelosok wilayah 3T (terluar, terdepan, tertinggal) .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)