Perry Warjiyo Diminta Jaga Independensi Bank Indonesia

Senin, 26 Februari 2018 - 11:33 WIB
Perry Warjiyo Diminta Jaga Independensi Bank Indonesia
Perry Warjiyo Diminta Jaga Independensi Bank Indonesia
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur Center for Banking Crisis (CBC), Ahmad Deni Daruri mengatakan, Perry Warjiyo pantas menjabat Gubernur Bank Indonesia (BI). Menurut dia, Perry merupakan salah satu yang mumpuni di bidang moneter.

Meski demikian, Perry perlu menunjukkan independensinya sebelum terpilih menjadi Gubernur BI. "Kalau terpilih, Pak Perry harus bisa bersikap independen. Jangan sampai mudah diintervensi untuk kepentingan politik 2019. Itu lebih berbahaya lagi," tuturnya kemarin.

Dia mengatakan, saat ini bank sentral perlu dipimpin seorang ahli moneter. "BI perlu dipimpin seseorang yang ahli moneter dan Pak Perry itu jagonya. Bidang dia memang itu," katanya.

Menurutnya, bank sentral Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, dipimpin gubernur di luar sektor moneter. Mulai Darmin Nasution yang jago pajak dan pasar modal atau Agus Martowardojo bidang perbankan.

Saat ini, lanjut Deni, instrument fiskal untuk kebijakan ekonomi sudah terbatas. Apalagi, melihat kondisi ekonomi global saat ini sulit jika hanya menggandalkan instrument fiskal.

Atas dasar itu, perlu segera dipadukan dengan instrument kebijakan moneter yang sejalan dan searah dengan instrument fiskal yang telah dibuat pemerintah. Hal ini agar pertumbuhan ekonomi terus terjaga bahkan bertambah.

"Saya rasa Pak Perry cocoklah sebagai Gubernur BI, karena sesuai dengan kebutuhan saat ini," kata Deni.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0617 seconds (0.1#10.140)