Cetak SDM Unggul dan Berdaya Saing, TKDV Tiap Daerah Tak Harus Sama

Selasa, 26 Desember 2023 - 12:22 WIB
loading...
A A A
“Pelaksanaan TKDV dalam pemetaan awal paling sedikit meliputi, program dan lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi yang sudah ada (existing), potensi daerah (industri kritikal dan kebutuhan tenaga kerja) dan perencanaan tenaga kerja (perencanaan kebutuhan tenaga kerja, karakteristik angkatan kerja),“ ujar Deputi Warsito.

Deputi Warsito juga berharap TKDV dapat berperan aktif dalam membangun Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) yang mutakhir, dinamis, dan komprehensif dalam menggambarkan struktur tenaga kerja, karakteristik tenaga kerja, persediaan dan kebutuhan tenaga kerja.

"Saya juga berpesan kepada Bupati Gresik dan Bupati Mojokerto supaya kerjasama dan sinergitas dengan dunia usaha dan dunia industri dapat terjalin semakin erat dan berkesinambungan sehingga dapat mencetak SDM Unggul dan Berdaya Saing dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya dalam mengakhiri sambutan dan arahannya.

Secara khusus, Deputi Warsito juga menyarankan khusus bagi daerah yang mempunyai potensi pariwisata seperti Kabupaten Mojokerto paling tidak terdapat 3 program yang harus dimulai dijalankan, yaitu pembudayaan masyarakat pariwisata, pencetakan tenaga fungsional penyuluh pariwisata, dan memasukkan kurikulum wisata di sekolah yang menjadi kewenamgan daerah.

Dalam pengukuhan TKDV tersebut Warsito didampingi Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani dan Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, serta turut menyaksikan Kepala UPTP BPVP Sidoarjo Muhammad Aiza Akbar, Ketua Kadin Jatim Adik Dwi, Praktisi Skill Development Center (SDC) Bambang Wasito Adi, Tenaga Ahli Utama Kedeputian III, Kantor Staf Presiden Fadjar Dwi Wishnuwardhani, serta pengurus TKDV Kabupaten Gresik dan Kabupaten Mojokerto.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)