Konglomerat RI Tanam Duit Rp41 Triliun ke Proyek IKN Sepanjang 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 09:13 WIB
loading...
Konglomerat RI Tanam Duit Rp41 Triliun ke Proyek IKN Sepanjang 2023
Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat 23 investor domestik alias pelaku usaha dalam negeri telah melakukan investasi ke proyek ibu kota baru dengan total nilai Rp41 triliun sepanjang 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ) mencatat 23 investor domestik alias pelaku usaha dalam negeri telah melakukan investasi ke proyek ibu kota baru dengan total nilai Rp41 triliun sepanjang 2023.

"Kami yakin tahun 2024 akan semakin banyak investor yang berinvestasi dan pada jangka panjang bisa mencapai target 80% dana pembangunan IKN dari non-APBN dapat tercapai," ujar Bambang dalam keterangan resminya, Minggu (31/12/2023).



Menurut Bambang OIKN terus berupaya dengan berbagai cara untuk meningkatkan realisasi investasi di IKN. Salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi dan promosi peluang investasi di IKN.

"Kami sangat terbuka bagi para investor yang sesuai dengan visi IKN menjadi kota cerdas, inklusif, berkelanjutan, dan kota yang layak huni dan dicintai," kata Bambang.



Deputi Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menambahkan, Groundbreaking 1 sampai 3 dilakukan investor dalam negeri yang memiliki kapabilitas untuk membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Namun, ada juga beberapa investor dalam negeri yang bekerja sama dengan investor luar negeri.

Sementara itu, saat ini terdapat 9 investor yang akan menjadi inisiator pembangunan hunian di IKN, di mana 3 di antaranya adalah investor asing asal China dan Malaysia. 9 investor ini sedang dalam seleksi dan feasilibility study.

Investasi masuk ke Ibu Kota Nusantara telah masuk dengan variasi sektor serta skala investasi yang beragam. Konsorsium Nusantara yang dipimpin Agus Sedayu Group, Pakuwon Group, dan The Pakubuwono Development yang merupakan investor domestik dengan skala konglomerat di Indonesia telah berkontribusi dengan pembangunan kawasan lahan campuran di Ibu Kota Nusantara.

Tak hanya itu, investasi dari Kalimantan Timur, PT Wulandari Bangun Laksana Tbk. yang telah sukses membangun kawasan komersil Balikpapan Superblock (BSB), juga ikut melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)