Sinar Mas Lalui 2023 dengan Semangat Kolaborasi

Rabu, 03 Januari 2024 - 12:32 WIB
loading...
Sinar Mas Lalui 2023 dengan Semangat Kolaborasi
Board Member Sinar Mas Franky Widjaja (tengah) dan Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin (kedua dari kanan) mengunjungi anjungan mitra binaan Sinar Mas dalam Tjipta UMKM Fair 5.0 di Jakarta (03/09/2023). (Foto: dok Sinar Mas)
A A A
JAKARTA - Menoleh sedikit ke tahun 2023 yang baru saja terlalu, Sinar Mas bersama pilar usahanya menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi dalam memberdayaan UMKM, terlibat dalam pengembangan energi baru dan terbarukan, turut memitigasi perubahan iklim, dan sejumlah inisiatif lainnya.

Seperti yang terjadi pada awal tahun 2023 lewat perayaan Imlek Nasional berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (29/12/2023). Kegiatan ini merangkul sekitar 700 pelaku UMKM ke hadapan 50.000 warga dari berbagai kalangan yang diundang untuk menikmati hidangan secara gratis.

Board Member Sinar Mas yang menjadi Ketua Panitia Acara Imlek Nasional 2023, Franky Oesman Widjaja mengharapkan keterlibatan UMKM dalam Imlek Nasional dapat menjadi jendela untuk memperkenalkan ragam kuliner khas Nusantara, serta simbolisasi dukungan untuk UMKM.

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan serta pelaku usaha untuk berkomitmen dan bergotong royong menyukseskan program UMKM naik kelas, dengan memberikan mereka pendampingan melekat,” ujarnya.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan di bulan Februari, Sinar Mas kembali menggelar bazar minyak goreng di sejumlah kota yang melibatkan sejumlah pilar usahanya. Sepanjang 2023, total minyak goreng kemasan dengan harga khusus yang sudah tersalurkan mencapai lebih dari 135.000 liter. Di sisi lain, secara hampir bersamaan, tercatat lebih dari 65.000 mushaf Alquran terwakafkan kepada pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat.

Beringsut lebih jauh ke ranah digital, berlangsung kegiatan Sinar Mas Digital Day 2023 di ICE BSD City Tangerang Selatan (9/7/2023). Acara ini menjadi platform untuk memamerkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru, termasuk di antaranya upaya mempercepat integrasi pelaku UMKM ke dalam ekosistem digital.

“Event ini sebagai platform untuk showcase inovasi dan bisnis model kolaborasi terbaru dari pilar usaha maupun perusahaan portofolio kami. Kedua, dengan digitalisasi ini kita bisa lebih inklusif kepada UMKM sejalan dengan program UMKM naik kelas," tutur Franky Oesman Widjaja, Sabtu (10/6/2023).

Sinar Mas juga terlibat dalam transisi menuju energi hijau lewat kolaborasi PT Daya Sukses Makmur Selaras, entitas anak tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan PT Agra Surya Energi bersama Trina Solar yang pada Agustus 2023 membangun pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia, yang berada di Kendal, Jawa Tengah.

“Kehadiran fasilitas produksi di Kendal adalah komitmen perusahaan di bawah naungan Sinar Mas dalam mendukung percepatan transisi energi guna menurunkan pelepasan emisi karbon yang pemanfaatannya diharapkan mencapai hingga 31 persen pada tahun 2050, dengan capaian net zero emission di tahun 2060,” kata Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman

Selain itu, dalam Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat China di China World Hotel, Beijing (16/10/2023) bersama Trina Solar, PT Agra Surya Energy dan PT PLN (Persero) membentuk perusahaan patungan (join ventures) yang akan memproduksi panel surya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)