Turunkan Harga, Bulog Siap Gelontorkan 400 Ribu Ton Beras

Selasa, 20 Maret 2018 - 13:48 WIB
Turunkan Harga, Bulog Siap Gelontorkan 400 Ribu Ton Beras
Turunkan Harga, Bulog Siap Gelontorkan 400 Ribu Ton Beras
A A A
JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) siap menyalurkan ribuan ton beras, sebagai upaya menambahkan pasokan sehingga diharapkan bisa menurunkan harga beras yang semakin tinggi. Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, hal ini untuk mencegah terjadinya lonjakan harga beras saat bulan puasa.

"Kami tidak ingin tidak ada yang diserap di beras. Diharapakan dilapangan itu. Saya kira data udah disampaikkan kita akan melihat dimana kami mengerjakan yang selayaknya dan sekitar 400 ribu ton beras yang akan kami keluarkan dari 600 ribu tom beras yang kita punya," ujar Djarot di Perum Bulog, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Stok yang akan dikeluarkan, menurutnya bakal dilakukan secara bertahap. Dimana hal tersebut diagendakan lewat operasi pasar sebelum dan menjelang bulan puasa untuk mencegah terjadinya kenaikan harga pada beras yang bisa saja mempengaruhi inflasi.

"Soalnya kalau idealnya, sebelum memasuki puasa kita sudah bisa panen 150 ribu ton itu kuota sepanjang tahun. Nah stok yang kita punya ini kita lakukan secara bertahap tahap yang di bulan ini dan kedepannya agar bisa menjaga inflaai di angka yang aman," paparnya

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa pada Februari 2018, rata-rata harga beras untuk semua kualitas di tingkat penggilingan mengalami peningkatan. Untuk kualitas premium, harga beras naik sebesar 0,31%, kualias medium naik 0,37%, dan kualitas rendah naik sebesar 1,99%.

Sementara data Kementerian Perdagangan (Kemendag) menunjukkan harga beras medium masih mencapai Rp12.500 per kilogram. Peningkatan harga beras terjadi karena perubahan adanya waktu panen karena cuaca.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)