alexametrics

Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia

loading...
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Pesawat komersial yang diproduksi sejumlah perusahaan. FOTO/IST
A+ A-
SEJAK kehadirannya di dunia transportasi, industri pesawat terbang komersial terus berkembang. Perusahaan teknologi bermunculan menjadi produsen burung besi tersebut. Berikut ini produsen pesawat komersial di dunia.

1. Comac (Commercial Aircraft Corp of China) China
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
China meluncurkan pesawat penumpang kelas medium (narrow body) pertama buatan sendiri pada Senin, 2 November 2015. Single-aisle, twin-engine C919 adalah jet berbadan kecil yang bisa memuat 174 penumpang. Pesawat yang dikembangkan Commercial Aircraft Corporation of China itu akan membuat penerbangan perdananya pada tahun depan. C919 dirancang mampu menempuh perjalanan 5.555 kilometer. Kemampuan C919 dinilai cocok melayani penerbangan komersial rute-rute sedang.

2. Mitsubishi Heavy Industries Jepang
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Jet penumpang domestik pertama Jepang  Mistsubishi Regional Jet (MRJ) berhasil lepas landas pada uji penerbangan perdananya, Rabu, 11 November 2015. MRJ  Mitsubishi Regional Jet (MRJ) – yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries dirancang untuk membawa sekitar 80 penumpang dan bakal bersaing dengan produsen pesawat jet penumpang regional lainnya seperti Embraer buatan Brasil dan Bombardier dari Kanada. Pesawat ini memiliki panjang 35 meter dengan dua mesin.

3. Airbus, Prancis/Eropa
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Airbus S.A.S. adalah produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Perancis. Airbus Industrie mulai sebagai konsorsium perusahaaan penerbangan Eropa untuk menandingi perusahaan Amerika seperti Boeing dan McDonnell Douglas. Dibentuk pada tahun 1970 setelah adanya persetujuan antara Aerospatiale (Perancis) dan Deutsche Aerospace (Jerman) (disusul oleh CASA (Spanyol) pada tahun 1971) untuk mengembangkan Airbus A300, yang terbang pertama kali pada 1972. A380 salah satu produk andalan Airbus.

4. Boeing/Amerika Serikat
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Sebuah perusahaan pembuat pesawat dan aeroangkasa, bermarkas di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing, seorang yang awalnya adalah pebisnis dan penebang kayu yang sukses. Bersama rekannya George Conrad Westervelt pada tahun 1916, dia mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang yang saat itu bernama Pacific Aero Products.

Dua divisi utama dari Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil. Boeing 787 dreamliner salah satu produk terbaru Boeing.

5. Sukhoi-Rusia
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Perusahaan pembuat pesawat tempur militer Rusia. Perusahaan ini didirikan oleh Pavel Sukhoi pada tahun 1939 dengan nama Biro Desain Sukhoi atau dikenal dengan OKB-51, sekarang ini dikenal dengan nama Sukhoi Corporation. Pemerintah Rusia berencana untuk merger Sukhoi dengan Mikoyan, Ilyushin, Irkut, Tupolev, dan Yakovlev, membentuk sebuah perusahaan baru yang bernama Sukhoi United Aircraft Corporation (Rusia). Salah satu produk andalan Sukhoi untuk pesawat komersial adalah Sukhoi Superjet 100 dengan kapasitas 75-95 tempat duduk dan jarak jelajah 3.000-4.500 kilometer.

6. Embraer - Brasil
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Embraer (Empresa Brasileira de Aeronáutica, S.A/Brazilian Aeronautics Company, Inc.), adalah sebuah perusahaan Brasil yang memproduksi pesawat komersial, militer, dan eksekutif dan menyediakan layanan kedirgantaraan. Produk pertama dari perusahaan ini adalah pesawat transport turboprop, Embraer EMB 110 Bandeirante dan Embraer 190 (berkapasitas 100 penumpang)

7. Bombardier - Kanada
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Bombardier merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Montreal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 di Valcourt, Quebec, Kanada. Menghasilkan berbagai macam alat transportasi seperti pesawat, kereta api, dan trem. Salah satu produk andalannya untuk pesawat komersial adalah Bombardier Global Express.

8. Fokker – Belanda
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Perusahaan penerbangan komersial ini didirikan pada 21 Juli 1919 oleh seorang Belanda, Anthony Fokker (1890–1939), salah seorang penjelajah penerbangan dunia. Pesawat yang doproduksi Fokker di antaranya F27, F28, F50, F70, F90 dan F100 dan berkapasitas antara 85-122 penumpang.

9. Ilyushin – Rusia
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
Industri pesawat Rusia yang didirikan oleh Sergey Vladimirovich Ilyushin. Ilyushin dibentuk di bawah Uni Soviet dan pelaksanaannya dimulai pada tahun 1933. Industri Penerbangan Ilyushin adalah anak perusahaan yang didirikan pada tahun 1992 untuk bertindak sebagai pemasaran dan layanan pelanggan. Salah satu pesawat komersial andalannya yakni Ilyushin Il-96 dengan kapasitas penumpang 235-300 penumpang.

10. ATR - Perancis/Italia
Mengenal Produsen Pesawat Komersial di Dunia
perusahaan pesawat terbang buatan Perancis-Italia. Didirikan pada tahun 1981. Didirikan pada tahun 1981 oleh Aérospatiale Perancis dan Aeritalia Italia. Fasilitas produksi Alenia Aeronautica di Pomigliano d'Arco, di Napoli, Italia. Pesawat ini terdiri dari 2 produk ialah ATR 42 dan ATR 72.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak