Gandeng Berbagai Pihak Lintas Sektor, RSI Kembangkan Sawit secara Menyeluruh

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:40 WIB
loading...
Gandeng Berbagai Pihak Lintas Sektor, RSI Kembangkan Sawit secara Menyeluruh
RSI menggelar Refleksi Industri Sawit 2023 dan Tantangan Masa Depan di The Westin, Jakarta, Rabu (10/1/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rumah Sawit Indonesia (RSI) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung pengembangan komoditas sawit Indonesia secara utuh. Kerja sama ini tidak hanya dengan perusahaan sawit, namun juga lembaga riset, perusahaan teknologi, lembaga survei, lembaga pemerintah, asosiasi petani sampai lembaga pendidikan tinggi.

“Komitmen kita dalam pengembangan sawit tidak hanya dari satu sisi. Kita ingin komprehensif dan menyeluruh,” kata Ketua Umum RSI Kacuk Sumarto dalam Refleksi Industri Sawit 2023 dan Tantangan Masa Depan di The Westin, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Beberapa pihak yang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan RSI antara lain PT Gaman Kanaya Mukti, Masyarakat Ahli Survey Kadaster Indonesia (MASKI), PT Clariant Absorbents Indonesia, PT Kemurgi Indonesia, PalmCo, PASPI, PPKS, BPDPKS, sampai Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan.

Kerja sama dengan PASPI misalnya difokuskan pada bidang riset dan analisa tentang komoditas sawit secara umum. Sedangkan dengan PalmCo difokuskan untuk percepatan program PSR.

Dengan Politeknik Teknologi Kimia Indonesia Industri Medan diarahkan untuk pengembangan sumber daya manusia. Sedangkan lembaga pemerintah, kerja sama dijalin dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Kacuk Sumarto mengatakan, RSI terbuka untuk perusahaan, asosiasi, lembaga, dan komunitas yang memiliki komitmen mendukung pengembangan komoditas sawit di Indonesia. “Masing-masing harus berkembang sesuai dengan kompetensinya untuk berkontribusi pada komoditas sawit,” ujarnya.

Kolaborasi dengan berbagai pihak lintas sektor ini diharapkan memberikan wawasan yang lebih utuh tentang sawit. RSI akan mengelaborasi setiap potensi dan peluang untuk mengembangkan komoditas sawit nasional. “Kita ingin melihat sawit secara utuh, menyeluruh dan tidak parsial,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)