Fokus Digitalisasi, Begini Kinerja MotionBank di Tahun 2023

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:18 WIB
loading...
Fokus Digitalisasi, Begini Kinerja MotionBank di Tahun 2023
Chief Digital Technology Officer MNC Bank, Parman Suparman. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Perkembangan layanan digital yang tidak bisa dielakkan lagi semakin mendominasi gaya hidup masyarakat di era modern ini. Tak heran jika modernisasi layanan tersebut juga merambah sektor perbankan, sehingga layanan keuangan yang sebelumnya konservatif kini memiliki varian layanan digital yang modern dan impresif yang menjadi panutan sektor usaha lainnya.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia pada November 2023 lalu, nilai transaksi digital banking tercatat Rp5.163,76 triliun atau tumbuh sebesar 13,21% (yoy), sementara itu nilai transaksi Uang Elektronik (UE) meningkat 16,95% (yoy) sehingga mencapai Rp41,30 triliun.



Selain itu, nominal transaksi QRIS juga tercatat tumbuh 157,43% (yoy) sehingga mencapai Rp24,90 triliun, dengan jumlah pengguna 45,03 juta dan jumlah merchant 30,12 juta yang sebagian besar merupakan UMKM. Data tersebut menjadi salah satu bukti bahwa sebagian besar masyarakat kini benar-benar telah beralih ke layanan perbankan digital.

Chief Digital Technology Officer MNC Bank Parman Suparman menyampaikan bahwa fenomena perubahan gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi keuangan tidak mengherankan, mengingat layanan perbankan digital menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah. "Layanan perbankan digital memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke bank. Hal ini tentu sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan," ungkapnya.

Parman mencontohkan MotionBank dari MNC Bank sebagai salah satu aplikasi layanan perbankan digital yang menurutnya dari tahun ke tahun semakin menunjukkan pertumbuhan kinerja dan perkembangan fitur layanan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan nasabah saat ini. Sampai dengan akhir Desember 2023, jumlah user/pengguna MotionBank telah mengalami pertumbuhan sebesar 10% year on year dibanding tahun 2022, diiringi dengan jumlah transaksi dan nominal transaksi yang masing-masing tumbuh 25% dan 36%.

Parman menambahkan, salah satu cara untuk bertahan di tengah persaingan antarbank adalah dengan menawarkan layanan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan nasabah. Hal ini bisa dilakukan dengan terus menghadirkan fitur-fitur baru yang sesuai dengan tren dan kebutuhan nasabah. "Di tahun 2023, kami sudah lakukan itu dengan dengan menghadirkan 3 fitur terbaru di MotionBank," ungkapnya.

Fitur-fitur tersebut antara lain pengajuan kartu kredit online melalui MotionBank, di mana nasabah tidak perlu repot mengajukan fasilitas kartu kredit, karena fitur pengajuan sudah bisa dilakukan melalui MotionBank. Berbagai transaksi dan akses informasi terkait Kartu Kredit MNC Bank juga dapat dilakukan seperti membuat atau mengubah PIN, ringkasan penggunaan kartu kredit tiga bulan terakhir, informasi tagihan kartu kredit, pembayaran kartu kredit, cek limit kartu utama dan kartu tambahan, mengubah transaksi menjadi cicilan, dan masih banyak lagi.

Fitur baru selanjutnya adalah Menu Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank. Fitur ini memungkinkan nasabah mengajukan permintaan transfer dana dengan mudah pada aplikasi MotionBank. Cukup pilih menu “Transfer”, lalu pilih opsi “Split Bill”, buat permintaan dana, isi nomor rekening yang akan menerima permintaan, nominal hingga pesan yang ingin disampaikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)